Selasa, 22 September 2009

Kelahiran Prematur Meningkat, Apa Penyebabnya?

Jumlah kelahiran prematur meningkat 16% selama 25 tahun terakhir. Dalam penelitian yang dilansir, tekanan darah tinggi merupakan faktor utama yang berkaitan dengan kelahiran tidak sesuai jadwal. Sementara diabetes diakui juga mempunyai peran yang meningkat.

Tapi kemajuan medis mampu meningkatkan tingkat kelangsungan hidup secara signifikan dan jumlah kematian bayi yang berhubungan dengan kelahiran prematur. Para peneliti dari Universitas Edinburgh menganalisa data dari hampir 90.000 kelahiran di Skotlandia antara tahun 1980 dan 2005.

Jumlah bayi yang lahir prematur meningkat dari 54 per 1.000 kelahiran antara tahun 1980 dan 1985 dan meningkat menjadi 63 per 1.000 kelahiran antara tahun 2000 dan 2005.

Para ilmuwan berharap untuk mengembangkan pengobatan yang lebih baik untuk ibu hamil dengan mengeksplorasi tren yang berhubungan dengan kelahiran prematur dan penyebabnya. Telah ada tujuh kali lipat peningkatan kelahiran prematur di mana para ibu penderita diabetes sebelum hamil.

Kelahiran prematur terkait dengan gestational diabetes, dimana ibu hamil meningkat diabetesnya selama kehamilan, bahkan meningkat empat kali.

Tekanan darah tinggi tetap merupakan faktor utama dikaitkan dengan kelahiran prematur tetapi jumlah bayi yang lahir prematur juga sebagai akibat dari kondisi fisik yang lemah. Tingkat kelangsungan hidup bayi prematur lebih besar secara medis ketika kelahiran dengan diinduksi atau operasi Caesar daripada terjadi secara alami. TEMPO Interaktif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog