Minggu, 20 September 2009

Muncul di Internet, Foto Gembong 9/11 Bikin Cemas


Washington - Foto Khalid Sheikh Mohammed, gembong Al Qaeda yang juga mengaku sebagai perencana serangan 9/11, tiba-tiba menyeruak di internet. Hal ini cukup menghebohkan karena merupakan kemunculan fotonya yang pertama sejak 6 tahun lampau.

Foto terbaru Mohammed yang sekilas mirip dengan Osama bin Laden itu diambil pada bulan Juli 2009 di pusat tahanan Guantanamo di Kuba. Militer AS memang mengizinkan lembaga Palang Merah mengambil foto para napi untuk dikirim pada kerabat mereka.

Menurut keterangan militer AS, Mohammed mengaku mengotaki serangan 11 September 2001 yang merubuhkan gedung WTC di New York. Dikutip detikINET dari BBC, Jumat (11/9/2009), foto pertama Mohammed yang beredar luas adalah saat penangkapannya di Pakistan pada bulan Maret 2003.

Komite Internasional Palang Merah membenarkan telah mengambil foto Mohammed di bulan Juli. Foto bersangkutan sebenarnya tak ditujukan untuk konsumsi publik melainkan hanya bagi keluarga saja. Namun entah bagaimana, foto itu muncul di dunia maya, misalnya di situs-situs kaum ekstrim.

Jarret Brachman, mantan direktur riset Combating Terrorism Center menyatakan foto yang muncul bersamaan dengan peringatan 8 tahun serangan 9/11 ini merisaukan. Sebab ditakutkan kemunculannya memberi inspirasi bagi sebagian orang untuk ikut melakukan aksi terorisme. ( fyk / ash ) Fino Yurio Kristo - detikinet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog