Senin, 21 September 2009

Renault Dihukum Dua Tahun dari F1

FIA akhirnya menghukum Renault tidak boleh tampil di ajang F1 selama dua tahun. Sementara pembalap Renault, Fernando Alonso, dinyatakan tidak terlibat dalam skandal di GP Singapura 2008.

Tim F1 asal Prancis ini dinyatakan bersalah karena menginstruksikan kepada pembalapnya, Nelson Piquet Jr, untuk menabrakan mobilnya ke dinding saat GP Singapura tahun lalu. Hal itu guna melapangkan rekan setimnya, Alonso menjadi juara.

"Tim F1 ING Renault mengakui bahwa tim telah berkonspirasi dengan Nelson Piquet Jr. untuk membuat kecelakaan di GP Singapura, itu melanggar kode etik olahraga internasional dan peraturan F1," kata FIA dalam statemennya.

"Pelanggaran yang dilakukan oleh Tim F1 Renault bukan hanya membahayakan integritas olahraga, tapi juga membahayakan penonton, ofisial, pesaing lainnya dan juga diri Nelson Piquet Jr," lanjut FIA seperti dilansir Reuters.

FIA pun telah memutuskan memberikan sanksi dua tahun kepada tim F1 Renault tidak boleh terlibat dalam kompetisi F1. Artinya tim F1 asal Prancis ini harus menjalani hukuman absen di F1 hingga akhir musim 2011.

Mantan bos tim Renault Flavio Briatore juga dihukum dilarang terlibat dalam semua aktifitas di F1, termasuk manajemen pembalap. Sedangkan Kepala Mekanik Renault Pat Symonds dihukum lima tahun dari keterlibatannya di event FIA.

Namun, juara dunia dua kali, Fernando Alonso, dinyatakan tidak terlibat dalam skandal tersebut. Sedangkan Piquet Jr mendapatkan kekebalan oleh FIA sebelum dilakukan hearing Badan Motors Sport Dunia FIA di Paris. ( key / key ) Reky Herling Kalumata - detiksport


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog