Jumat, 02 Oktober 2009

Facebook Tutup Akun, Cegah Aksi Penipu


Facebook menutup sementara sejumlah akun yang digunakan para penipu untuk mengelabui para pengguna Facebook guna mengeruk keuntungan. 

Teknisi Facebook Alok Menghrajani menyebutkan bahwa tim keamanan cyber mereka mendapati adanya peningkatan jumlah penipuan. Setelah ditelusuri rupanya hal itu berkaitan dengan pembobolan detail informasi login akun yang didapat dengan cara phising. Pelaku kejahatan kemudian memasuki akun Facebook sang korban dengan mudah dan menipu sang korban.

"Meski jumlah korban yang terkena dampaknya tidak terlalu banyak, kami segera mengambil tindakan serius dan melakukan perlawanan terhadap praktik penipuan ini," tulis Menghrajani dalam blognya yang dikutip Telegraph, Jumat (2/10/2009).

Diketahui terdapat sekira 419 kasus penipuan dimana si penipu mengakses akun Facebook sang korban dan berpura-pura sebagai si pemilik akun.

Pelaku kriminal umumnya mengaku berasal dari sebuah negara asing yang sulit akan akses uang. Mereka memanfaatkan sistem email dan chat room Facebook untuk berbincang dengan teman-teman sang korban dan memohon untuk dikirimkan sejumlah uang melalui layanan transfer uang seperti Western Union.

Praktik penipuan seperti ini sebenarnya sudah umum digunakan beberapa tahun lalu. Namun nampaknya cara tersebut hingga saat ini masih sering digunakan terutama dengan memanfaatkan situs-situs populer seperti Facebook.

Dengan jumlah pengguna lebih dari 300 juta orang, Facebook menjadi tempat yang potensial bagi para pelaku kejahatan internet dalam melancarkan aksinya. (rah)
Rachmatunnisa - Okezone

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog