Senin, 05 Oktober 2009

Ramadhan, Aktivitas Virus Anjlok Drastis


Secara total, pada September 2009, insiden virus terdeteksi sebanyak 34.795 kejadian.

Sepanjang bulan September 2009 lalu, bersamaan dengan bulan suci Ramadhan, ternyata aktivitas virus juga tercatat mengalami penurunan.

Seperti VIVAnews kutip dari laporan hasil pemantauan Norman Network Protector (NNP), 5 Oktober 2009, insiden virus di bulan September 2009 mengalami penurunan signifikan dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Dibanding bulan Agustus, virus di bulan September mengalami penurunan sebesar 53 persen. “Bahkan ada satu kejadian bahwa dalam satu hari tidak ditemukan adanya virus,” kata Alfons Tanujaya, Antivirus Specialist Vaksincom. “Ini tidak pernah terjadi selama bulan Agustus dan bulan-bulan sebelumnya,” ucap Alfons.

Menariknya, NNP berhasil mendeteksi adanya Trojan PHP/C99Shell.R yang menginfeksi salah satu situs pemerintah, yakni situs Komisi Pengawas Persaingan Usaha. Walaupun situs itu tidak dilindungi NNP, tetapi berhubung ada pelanggan ISP yang dilindungi melakukan browsing ke situs itu, NNP mendeteksi bahwa situs tersebut terinfeksi virus Trojan.

NNP langsung menghentikan akses ke file yang dicurigai bervirus pada situs KPPU, tanpa memblok akses ke situs yang bersangkutan.

Secara total, pada September 2009, insiden virus yang dihentikan oleh NNP sebanyak 34.795 insiden. Turun signifikan dibanding insiden bulan Agustus yang tercatat sebesar 74.011 insiden.

Menurut Vaksincom, faktor yang memicu turunnya insiden serangan virus pada bulan tersebut adalah karena berkurangnya aktivitas browsing pengguna internet. “Khususnya pada saat libur lebaran, pada 19 sampai 27 September 2009 aktivitas browsing menurun drastis,” kata Alfons. “Aktivitas internet yang menurun pada bulan tersebut secara paralel menyebabkan penyebaran virus menurun secara signifikan,” ucapnya.

Adapun sepanjang September 2009, Alman masih jadi virus yang paling banyak menyebar. Diurutan berikutnya adalah Conficker, Autorun, Sality, dan IE Title. • VIVAnews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog