Jumat, 09 Oktober 2009

Vanuatu Diguncang Gempa 8,1 SR

WASHINGTON, (PRLM).- Gempa dengan kekuatan 8,1 pada Skala Richter (SR) mengguncang sebelah barat-laut Santo, Vanuatu, demikian laporan U.S. Geological Survey, yang dikutip "Reuters" dan dilansir "Antara".

Pusat gempa berada 373 kilometer di sebelah utara-barat-laut Santo, Vanuatu, dengan kedalaman 33 kilometer, kata lembaga pengamat cuaca itu.  Belum ada laporan mengenai korban atau kerusakan, sementara Pacific Tsunami Warning Center segera mengeluarkan peringatan tsunami regional bagi 11 negara dan wilayah, termasuk Vanuatu, Kepulauan Solomon, Papua Nugini, Nauru, Fiji dan Kiribati.

Pengamatan tsunami, tingkat siaga yang lebih rendah, diberlakukan sampai ke Australia dan Selandia Baru.  Peringatan paling akhir tersebut dikeluarkan hanya dua pekan setelah gempa dengan kekuatan 8,3 pada skala Richter mengguncang Pasifik Selatan di dekat Samoa, sehingga memicu tsunami yang menewaskan sedikitnya 178 orang dan memporakporandakan banyak desa di Samoa, Samoa Amerika dan Tonga utara.

Sementara itu, U.S. Geological Suvey juga melaporkan gempa kuat mengguncang Filipina selatan, Kamis pagi waktu setempat.  Gempa awal memiliki kekuatan 6,7 pada Skala Richter dan berada di Laut Sulawesi, 282 kilometer sebelah tenggara Jolo, Kepulauan Sulu, dam 1.175 kilometer di sebelah selatan ibukota Filipina, Manila. Gempa itu mengguncang pukul 5:41 waktu setempat, Kamis. (A-147)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog