Senin, 12 Oktober 2009

XL Kurangi Porsi Utang Dolar


PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) akan segera melakukan refinancing terhadap utang-utangnya yang berdenominasi dolar AS, refinancing tersebut 80% akan menggunakan dana pinjaman dari perbankan dan right issue Rp 3 triliun.

"Minimal 80% pinjaman akan dipakai untuk refinancing utang dalam dollar, bisa juga sampai 100%," ujar Corporate Finance and Treasury Senior Vice President XL, Johnson Chan seusai penandatangan MoU di Gedung BNI Jakarta, Senin (12/10/2009).

Perseroan menganggap penguatan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS selama belakangan ini dianggap akan sangat menguntungkan untuk membayar utang dalam bentuk dollar AS.

Johnson memaparkan posisi utang XL per September 2009 mencapai Rp 18,5 triliun terdiri dari utang dollar sebesar US$ 845 juta dan untuk rupiah sebesar Rp 9,3 triliun.

"Harapannya, dengan adanya refinancing utang dan penerbitan right issue US$ 300 juta atau sebesar Rp 3 triliun, pada akhir tahun utang XL akan berkurang mencapai kurang lebih Rp 15 triliun," tuturnya.

Johnson juga mengatakan saat ini melalui beberapa bank, XL mendapatkan kredit untuk refinancing dengan suku bunga pada kisaran 11-12%.

Saat ini, lanjut Johnson, diperkirakan dalam enam bulan ke depan dari kuartal IV-2009 sampai dengan kuartal I-2010, segala utang dalam bentuk dolar akan berkurang US$ 150-200 juta. Herdaru Purnomo - detikFinance

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog