Selasa, 23 Maret 2010

Obat Dugem Meow-meow Mulai Makan Korban


Humberside, Mephedrone (Meow Meow) yang punya pengaruhnya sama seperti obat ekstasi adalah bahan yang mudah didapat, legal dan dapat dibeli melalui internet. Jenis obat baru yang dipakai untuk dugem ini akhirnya menelan korban.

Dua remaja di Inggris merenggang nyawa setelah mengonsumsi obat ini. Asal tahu saja, remaja maupun pecinta dugem di Inggris mulai marak menggunakan Meow Meow karena dianggap legal dan mudah didapat ketimbang ekstasi.

Kepolisian Humberside mengungkapkan meow-meow atau M-CAT turut berkontribusi terhadap kematian remaja Louis Wainwright (18 tahun) dan Nicholas Smit (19 tahun). Keduanya diketahui keluar malam untuk minum-minum bersama di Scunthorpe hingga dini hari.

"Kami memiliki informasi yang menunjukkan bahwa kematian dua remaja ini terkait dengan penggunaan obat M-CAT, dan kami mendorong bagi siapapun yang menggunakan obat ini untuk segera pergi ke rumah sakit," ujar detektif kepala inspektur Mark Oliver, seperti dikutip dari Timesonline, Senin (22/3/2010).

M-CAT kini memang tengah menjadi sorotan karena diduga bisa menimbulkan bahaya seperti ekstasi dan pemerintah pun makin waspada karena kecepatan penyebaran obat ini lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya.

Selain itu diketahui bahwa zat ini sangat berbahaya dan penting bagi siapapun yang telah mengonsumsinya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Mephedrone atau dikenal juga sebagai '4MMC' digunakan dalam pupuk tanaman berbentuk bubuk dan berwarna putih atau kekuningan yag digunakan dengan cara dihirup.

Namun ternyata zat ini juga telah ditemukan dalam bentuk pil atau kapsul. Zat ini dapat membuat orang merasa bahagia atau gembira (euforia) dan berhalusinasi. Tapi efek samping yang bisa ditimbulkan adalah sakit kepala, mual, tekanan darah tinggi, tenggorokan seperti terbakar dan hidung berdarah.

Biasanya zat ini selalu dikonsumsi dalam jumlah yang besar dan digabungkan dengan obat lain seperti Ketamine, sehingga menyebabkan pembuluh darah menyempit yang memicu timbulnya serangan jantung. Karena itu pemerintah sedang melakukan penyelidikan terhadap keselamatan penggunaan obat ini.

Pada awal bulan ini, pihak berwenang di Guernsey sedang mempertimbangkan untuk mengklasifikasikan mephedrone ke dalam klaisifikasi golongan obat A. Para ahli sedang melihat efek aktif dari dari obat ini serta apa saja efek samping yang bisa ditimbulkan dari penggunaan berlebih mephedrone.

Efek yang timbul bisa terjadi dalam waktu setengah jam setelah mengonsumsi dalam bentuk tablet. Sedangkan jika menggunakan bubuk bisa terjadi dalam waktu beberapa menit.

Efek buruk dari bahan ini adalah memicu orang untuk mengambil dalam dosis besar (ketagihan), cepat mengalami perubahan suhu tubuh (berkeringat atau menggigil), paranoid, jantung berdebar-debar, serangan panik dan kejang otot.

Penyalahgunaan obat bisa menjadi endemik khususnya bagi remaja, karena mereka cenderung suka bereksperimen dengan segala sesuatu serta rasa penasaran yang tinggi sehingga cenderung suka coba-coba. 

Vera Farah Bararah - detikHealth

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share