Kamis, 21 Januari 2010

CRIME: Cegah Pembobolan, ATM Harus Pasang Anti Skimmer



Pencurian data melalui kartu ATM atau kartu kredit nasabah (skimming) tentunya bisa dihadang. Salah satu caranya adalah setiap ATM yang beroperasi harus dilengkapi dengan anti skimmer.

Demikian himbauan ahli forensik digital, Ruby Alamsyah ketika berbincang dengan detikINET, Rabu (20/1/2010).


Menurutnya, ATM yang menjamur di Indonesia sebenarnya sudah menggunakan alat anti skimmer ini. Hanya saja jumlahnya yang dipasang masih segelintir.

"Mereka (Bank-red) belum banyak yang pasang (anti skimmer) karena mungkin dianggap masih aman-aman saja selama ini, karena kalaupun ada korban tidak melapor," tukasnya.

Padahal, lanjut Ruby, ancaman kejahatan yang memanfaatkan kelengahan bank ini sudah cukup mengkhawatirkan. Buktinya, aksi skimmer sudah marak terjadi di Amerika Serikat. Sementara di Indonesia, rentetan laporan korban di Bali dan Jakarta belakangan ini sudah cukup menegaskan bahwa kejahatan ini sudah mulai bergerilya.

"Harganya murah kokgak mahal. Sekarang baru ada di sejumlah ATM BCA dan Bank Mandiri," tukasnya, tanpa menyebut berapa harga murah yang dimaksud.

Pun demikian, ditegaskan Ruby, dengan menggunakan anti skimmer juga bukan berarti nasabah akan bebas sepenuhnya dari ancaman kejahatan perbankan yang memanfaatkan kemajuan teknologi.

"Namanya juga teknologi, berkembang terus. Mungkin saja besok bakal keluar alat kejahatan yang canggih lagi," pungkasnya.

Berita Terkait:
CRIME: Pembobol Rekening Nasabah Bank Dicurigai Sindikat Mafia

CRIME: Cegah Pembobolan, ATM Harus Pasang Anti Skimmer

CRIME: Kartu ATM yang Dibobol Bisa Dipakai di Luar Negeri

CRIME: Begini Cara Penjahat 'Mengintip' Kartu ATM [PENTING!! Sebar pada teman2 Anda]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog