Selasa, 12 Januari 2010

Fakta Yahud Payudara Wanita


Payudara adalah bagian tubuh paling penting bagi wanita. Ada banyak hal yang tidak diketahui orang soal payudara, mulai dari ancaman kesehatan payudara hingga hal-hal aneh yang tidak pernah disangka sebelumnya.

Seperti dikutip dari Divinecaroline, Kamis (7/1/2010), National Breast Cancer Awareness menyebutkan beberapa hal unik yang perlu diketahui soal payudara.

  1. Perempuan adalah satu-satunya mamalia yang payudaranya terlihat dan berkembang membesar seiring dengan kematangan umur. Mamalia lainnya seperti anjing, kucing dan hewan primata hanya mengalami pembengkakan payudara saat hamil dan menyusui.
  2. Tidak ada satu wanita pun yang memiliki payudara simetris. Setiap payudara pasti berbeda tapi karena perbedaan itu kecil maka banyak yang tidak sadar. Umumnya payudara sebelah kiri lebih besar daripada sebelah kanan karena kerja jantung yang lebih banyak pada bagian kiri (bilik kiri).
  3. Dua juta wanita di Amerika Serikat memiliki payudara palsu atau hasil implan (penanaman payudara dengan silikon). Rata-rata wanita yang melakukan implan payudara berumur 30-an tahun.
  4. Pada awal tahun 2009, Sheyla Hershey dari Brazil tercatat dalam Guinness World Record sebagai wanita dengan payudara terbesar setelah melakukan sembilan kali operasi pembesaran payudara dengan silikon hingga akhirnya ukuran payudaranya mencapai 38 KKK.
  5. Wanita yang melakukan implan payudara dengan silikon berisiko dua kali lebih tinggi melakukan bunuh diri. Sesuai dengan laporan Annals of Plastic Surgery pada tahun 2007, silikon diketahui berkaitan dengan masalah kejiwaan dan salah satunya bisa memicu bunuh diri.
  6. Di Hong Kong’s Polytechnic University, ada mata kuliah khusus yang mengajarkan tentang payudara dan bra serta seseorang bisa mendapatkan gelar tersebut.
  7. Tidur menyamping atau dengan bertumpu pada satu payudara bisa mengubah bentuk payudara karena jaringan kulit pada payudara sangat elastis, mudah meregang dan bisa menyebabkan payudara turun. Pakar kesehatan menyarankan jika wanita ingin tidur menyamping, sebaiknya gunakan bantal untuk menahan payudaranya.
  8. Mitos yang menyebutkan memakai payudara saat tidur menyebabkan kanker payudara tidaklah benar karena tidak ada satu pun bukti ilmiah yang membuktikannya.
  9. Payudara tidak mengandung jaringan otot sehingga tidak ada satu pun olahraga yang bisa mengubah bentuknya. Satu-satunya cara untuk membuat payudara terlihat kencang adalah dengan melatih otot-otot pectoral di bawah jaringan payudara.
  10. Menurut perusahaan bra di Amerika, selama satu dekade ke belakang terjadi peningkatan rata-rata ukuran payudara wanita yang biasanya 34B menjadi 36C. Diperkirakan pada beberapa dekade mendatang, peningkatan tersebut akan terus terjadi.
  11. Risiko wanita kehilangan payudaranya akibat kanker payudara adalah 1 banding 8. Kebanyakan wanita yang mendapat kanker payudara adalah wanita perokok, obesitas atau punya riwayat keluarga dengan penyakit tersebut.
  12. Pria bisa juga menyusui karena memiliki kelenjar susu mamalia seperti pada wanita sehingga bisa menghasilkan air susu. Biasanya pria yang bisa menyusui mempunyai masalah hormon atau sedang dalam masa terapi hormon untuk penyakit seperti kanker.

Bukan rahasia lagi bahwa baik wanita maupun pria terobsesi dengan payudara yang indah. Oleh karena itu untuk menjaga keindahan payudara dan fungsinya yang serba guna, periksakan kesehatan payudara setiap tahunnya. Jangan sampai kanker payudara atau penyakit lainnya merenggut payudara Anda (detik.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog