Kamis, 03 Desember 2009

IT: 2010, Nokia Siapkan Ponsel Android


VIVAnews - Produsen ponsel terbesar di dunia asal Finalandi, Nokia, berencana menggodok sebuah ponsel berbasiskan sistem operasi Linux, Maemo.

Sejauh ini, seperti dikutip VIVAnews dari V3, 2 Desember 2009, pemimpin pasar ponsel dunia itu menyatakan hanya akan meluncurkan satu unit ponsel Linux sepanjang tahun 2010.

Nampaknya, rencana yang buru-buru disampaikan ini sekaligus mematahkan rumor yang beredar, di mana perusahaan akan menggunakan Symbian pada semua ponsel high end-nya.

“Ini sudah ada di dalam roadmap kami,” sebut Nokia, yang juga mengatakan OS Symbian bukanlah satu-satunya platform pilihan yang cermat dan tepat untuk smartphone.

Sejumlah pihak mengkritik ponsel-ponsel Nokia berbasis Symbian saat ini terbilang kuno dan ketinggalan zaman, dibandingkan dengan iPhone dan ponsel-ponsel berbasis Android. “Karena itu, kemungkinan kami akan mengadopsi lebih banyak varian perangkat berbasis Maemo nantinya,” ujar jurubicara Nokia yang enggan disebutkan namanya.

“Nokia telah banyak melayakani platform dengan tujuan dan alamat yang berbeda-beda,” kata Nokia. “Maemo secara jelas memberikan pengalaman pengguna yang berbeda, dan memungkinkan kami untuk memperluas pasar,” ucapnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog