Kamis, 31 Desember 2009

IT: Algoritma Enkripsi GSM Telah Dibobol Dan Percakapan Telepon Anda Rentan Disadap



Pernahkah Anda bayangkan percakapan telepon Anda disadap oleh seseorang? Tentunya hal tersebut merupakan sesuatu yang tidak Anda inginkan, bukan? Ya, apa boleh buat, dalam kenyataannya kini semua kemungkinan itu bisa saja terjadi kapanpun dan dimanapun juga.
Terkait kabar mengejutkan yang baru-baru ini muncul, seorang pakar keamanan Jerman mengklaim telah memecahkan algoritma enkripsi GSM. Dengan keadaan ini membuat panggilan telepon Anda kini rentan terhadap pengintai yang bisa menyadap percakapan telepon Anda setiap saat.
Karsten Nohl mengatakan ia telah mampu mendengarkan percakapan dengan peralatan seharga beberapa ribu dolar dan satu set tabel cracking yang ia dan timnya telah kumpulkan lebih dari enam bulan terakhir ini.
Algoritma enkripsi yang digunakan dalam jaringan GSM dikenal dengan A5/1 dan telah dikembangkan pada tahun 1987. Ada sebuah standar baru yang disebut A5/3, yang jauh lebih aman, meskipun tidak digunakan oleh sebagian besar operator.
Menyadap panggilan adalah ilegal di banyak negara, termasuk Amerika Serikat, dan Nohl sendiri berhati-hati untuk tidak benar-benar merilis perangkat cracking. Jika Anda dapat mengerjakan sebuah klien BitTorrent dan sebuah proses build GNU standar , pada dasarnya Anda dapat melakukan semuanya.
GSM adalah standar perangkat mobile yang digunakan paling luas, terhitung sekitar 3,5 miliar dari 4,3 miliar koneksi nirkabel dunia.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog