Minggu, 27 Desember 2009

Kenali Manfaat dan 'Kekuatan' Sarapan Pagi



VIVAnews - Coba bayangkan, bagaimana kira-kira kondisi tubuh Anda yang harus melewati aktivitas seharian, namun tanpa diisi sarapan pagi? 


Jangan sepelekan 'kekuatan' sarapan pagi yang bisa memberi energi bagi tubuh Anda secara keseluruhan. Jika Anda melewatkan sarapan, kemungkinan besar bisa mengakibatkan sakit kepala, emosi yang tidak stabil, kurangnya kekuatan otak, bahkan penambahan berat badan karena sudah pasti Anda akan melahap makanan dalam jumlah yang lebih banyak di siang hari.

Selain itu, Anda juga akan kehilangan banyak nutrisi yang seharusnya bisa didapat tubuh saat sarapan pagi. Disisi lain, sarapan adalah opsi yang tepat dibanding jika Anda mengonsumsi makanan berminyak yang mengandung lebih banyak kalori dan lemak jenuh dari yang dibutuhkan dalam satu hari. Pilihan ini dapat menghambat kesehatan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Cobalah pilih makanan yang dapat menekan rasa lapar dan menjadikan energi pada tubuh Anda serta mengandung nutrisi dan serat, misalnya"


1. Kacang


Juru bicara Asosiasi  Ahli Diet  Amerika dan Penurunan Berat Badan, Bonnie Taub –Dix MA, RD mengatakan perawatan dengan mengonsumsi sepotong  kenari atau almond bisa memberi lemak sehat yang menghasilkan energi berkelanjutan.

Makanan tradisional seperti Pistachio juga telah terbukti efektif mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan lain. Menurut Bonnie, akan lebih baik sarapan dengan 2 sendok makan kenari cincang, 2 sendok makan almond, 30 pistachio, atau satu sendok makan mentega kacang. Bonnie juga menyarankan untuk menambahkan kacang ke oatmeal atau sereal gandum lainnya sebagai penambah aroma rasa.


2. Sayur dan buah-buahan


Guna mendapatkan manfaat yang optimal dari sayur dan buah-buahan, Bonnie menyarankan, campurkan 10 jenis buah dan sayuran berwarna. Berdasarkan sebuah penelitian, dengan mengonsumsi perpaduan buah dan sayuran yang berbeda, dapat memberikan asupan nutrisi besar bagi tubuh.

Setidaknya konsumsilah masing-masing satu jenis sayuran serta buah yang berbeda warna, dengan begitu Anda sudah mendapatkan nutrisi yang diperlukan tubuh. Disamping memberikan nutrisi, dengan mengonsumsi sayur dan buah, ditemukan pula dapat mencegah stress oksidatif penyebab penyakit dan kelebihan berat badan.


3. Roti Gandum


Bonnie menjelaskan, sarapan dengan mengonsumsi roti gandum dapat memberikan asupan makanan layak serat dan mineral serta bisa menekan potensi risiko sakit jantung. Manfaat lain, saat Anda sarapan dengan roti jenis ini, bisa menahan lapar sehingga mengurangi asupan kalori harian.

Share on Facebook

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog