Rabu, 30 September 2009

Gempa 7,6 SR di Padang Gunung di Sekitar Danau Maninjau Runtuhkan Batu-batu Besar

Fakta kengerian demi kengerian terus terungkap dari terjadinya gempa 7,6 SR di wilayah Padang dan sekitarnya. Gunung-gunung yang berada di sekitar danau Maninjau pun saat gempa terjadi mengugurkan batu-batu besarnya.

Akibatnya, warga sekitar danau dan gunung itu ketakutan dan mengungsi ke tempat yang lebih aman. Apalagi sampai saat ini hujan masih menguyur dan batu-batu besar yang runtuh dari gunung terdengar gemuruhnya saat terbawa aliran sungai.

"Kampung halaman saya di sekitar Danau Maninjau, Padang. Rumah adik saya hancur berantakan.  mereka sekarang mengungsi di rumah saudara. Mereka semua takut pulang lagi karena gunung-gunung di sekeliling Danau Maninjau batu-batu besarnya pada runtuh," kata Anggota DPR asal Padang Nizar Dahlan kepada detikcom di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (30/9/2009).

"Dari saat terjadinya gempa sampai sekarang masih hujan. Suara gemuruh batu-batu itu masih terdengar sangat keras. Mengalir di sungai belakang rumah adik saya," imbuhnya.

Sebagai wakil rakyat dari daerah tersebut, politisi PBB ini akan pulang kampung untuk melihat situasi dan suasana dilapangan. "Rencananya saya besok pagi mau terbang, tetapi masih bingung karena bandara Padang tidak bisa mendarat," paparnya.

Nizar berharap pemerintah kabupaten dan provinsi segera melakukan evakuasi terhadap para korban dengan cepat. Hal ini sangat penting untuk menghindari jatuhnya korban lebih banyak lagi.

"Pemerintah di sana semoga bekerja maksimal, karena bagaimanapun juga, saya punya keluarga di sana. Dan masih banyak orang sana yang jadi korban," papar Nizar sambil menitikkan air matanya.

Saat ditanya nasib keluarganya, Nizar menjawab tegas seluruh keluarga dekatnya selamat. Hal ini karena saat terjadi gempa sedang berada di sawah. "Keluarga saya selamat karena pada saat kejadian ada di sawah. Rumah yang ditinggali adik saya itu adalah tempat tinggal saya waktu saya masih kecil," pungkasnya.
(yid/ndr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog