Selasa, 29 September 2009

Lebaran, Pengguna Kirim Pesan via Internet


Masyarakat kini cenderung mengirim ucapan via e-mail ataupun Facebook dan Twitter.

Sama halnya dengan operator telekomunikasi lainnya, pada musim Lebaran setiap tahunnya, PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) pun mencatat pertumbuhan trafik. Sebagai ‘tetua’ di industri, tahun ini pertumbuhan trafik Telkom melingkupi layanan suara, SMS, dan data. Meski begitu, pertumbuhan yang paling mencolok berasal dari layanan teks (SMS).

Pada H-1, Telkom mencatat kurang lebih 87,13 juta SMS, naik sekitar 57 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sedangkan, pada hari H Lebaran, trafik SMS Telkom tercatat 97,07 juta SMS, melonjak 71 persen, dan pada H+1 tercatat 66,73 juta SMS, meningkat sekitar 41 persen ketimbang musim Lebaran tahun 2008.

“Kesiapan jaringan dengan peningkatan kapasitas yang diperhitungkan sebelumnya serta pemantauan yang intensif menjadi kunci, dengan tingkat keberhasilan panggilan di atas 96 persen,” kata Eddy Kurnia, Vice President Public and Marketing Communication Telkom pada keterangan tertulis yang VIVAnews terima, 29 September 2009.

Berbeda dengan tahun lalu, trafik Telkom Flexi pada Lebaran kali ini diwarnai pertumbuhan pada layanan data. Peningkatan ini terjadi setelah Flexi menawarkan layanan FlexiNet Unlimited. Adapun saat ini, pelanggan data Flexi mencapai lebih dari 84.000 pelanggan.

Tingginya permintaan layanan data pada hari-hari menjelang dan sesudah Lebaran dimungkinkan dengan munculnya budaya baru mengirimkan ucapan selamat Idul Fitri melalui media Internet. “Jika diperhatikan, masyarakat kini cenderung lebih gemar mengirim maupun menerima ucapan selamat Idul Fitri melalui e-mail maupun situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter,” kata Eddy. • VIVAnews
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog