Senin, 28 September 2009

Bursa Kabinet SBY Siapa Kepala Bappenas, Chatib atau Bambang?


Chatib Basri adalah Ketua LPEM UI. Sedangkan, Bambang Brodjonegoro mantan Dekan FEUI.

Menjelang pembentukan kabinet pemerintah 2009 - 2014, bursa calon menteri semakin marak. Sejumlah nama mulai mencuat sebagai kandidat untuk sejumlah posisi strategis di Kementerian bidang ekonomi.

Misalnya untuk posisi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas yang bermarkas di jl Diponegoro, Jakarta Pusat. Sekarang, posisi itu dijabat oleh Paskah Suzetta, pengusaha dan politisi Golkar.

"Dua nama yang disebut sebagai kandidat kuat untuk posisi ini adalah Chatib Basri dan Bambang Brodjonegoro," ujar Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia, Sofjan Wanandi kepada VIVAnews di Jakarta, Senin, 28 September 2009.

Chatib Basri adalah dosen Ekonomi UI dan Ketua Lembaga Penyelidik Ekonomi Masyarakat UI yang dulunya dipimpin oleh Sri Mulyani Indrawati. Selain dikenal dekat dengan wakil presiden terpilih Boediono, Chatib juga menjadi tim sukses pasangan SBY-Boediono.

Pesaingnya adalah Profesor Bambang Brodjonegoro. Dia adalah mantan Dekan Fakultas Ekonomi UI. Selain tetap mengajar di kampus FEUI, sekarang Bambang menjabat sebagai Direktur Islamic Research and Training Institute (IRTI) pada Bank Pembangunan Islam (IDB).

Menurut Sofjan, kedua nama tersebut merupakan calon yang baik dan pintar. "Dua-duanya cocok untuk posisi Bappenas. Namun, tergantung selera Presiden, mau pilih yang mana."
Kabar yang beredar, Chatib disebut-sebut sebagai calon terkuat untuk posisi yang menangani soal perencanaan pembangunan nasional ini.


• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog