Sabtu, 26 September 2009

Cara Mudah Atasi Mata Bengkak


Ada beberapa cara sederhana mengatasi masalah penampilan ini.

Saat bangun tidur mata sering terlihat bengkak dan agak sembab. Biasanya jika tidak ada masalah, bengkak tersebut akan hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa menit. Tetapi seringkali bengkak mata tidak kunjung hilang dan merusak penampilan Anda.

Hal itu bisa disebabkan karena iritasi mata ringan. Biasanya saat kita tidur, secara tidak sengaja tangan yang kotor menggaruk mata karena mengantuk. Mata menjadi terkontaminasi lalu merah dan bengkak.
Alergi pada debu atau bahan dari alat tidur, dan kurang tidur juga memicu mata menjadi merah dan membengkak saat bangun keesokan harinya. Penggunaan lensa kontak dan kacamata yang jarang dibersihkan juga menjadi penyebab mata bengkak.

Bengkaknya mata ada yang disertai rasa gatal ada yang tidak. Jika Anda mengalami rasa gatal pada mata jangan langsung mengguruknya dengan jari, karena malah akan memperparah keadaannya dan membuat mata semakin bengkak.

Ada beberapa cara sederhana mengatasi mata bengkak.
- Anda bisa menggunakan ketimun yang sudah didiamkan dalam kulkas selama satu jam. Iris tipis dan tempelkan pada mata yang bengkak, kemudian diamkan selam 15 menit. Tidak hanya mengatasi mata bengkak, ketimus juga bisa mengatasi mata lelah.

- Minumlah banyak air putih saat mata sedang bengkak. Saat dehidrasi tubuh akan lebih banyak menyimpan air dan hal itu bisa membuat mata semakin terlihat bengkak.
- Anda juga bisa mengompres mata dengan kain bersih berbahan lembut yang sudah dicelupi ke dalam air mawar bersuhu dingin. Kompreslah selama 10 hingga 15 menit.

- Untuk mengatasi mata bengkak saat bangun tidur segeralah cuci muka Anda dengan air dingin. Anda juga bisa menggunakn air yang telah dicampur batu es untuk mencuci muka, lakukanlah selama lima menit. Cara tersebut cukup efektif mengatasi mata bengkak dan sembab.
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog