Senin, 28 September 2009

Gadis Usia 8 Tahun Dinobatkan Sebagai Professional IT Termuda


Ketika anak-anak sekolah dasar masih berkutat dengan komik mereka, lain halnya dengan Marko Calasan yang telah mengirimkan copy dari tulisannya yang berjudul “Implementing and Administering Security in a Microsoft Windows Server Network”. Dengan usianya yang baru menginjak 8 tahun, Marko telah menjadi orang termuda dalam penerimaan sertifikat system administrator computer dan mendapat julukan sebagai "Mozart of Computers", setelah Marko lulus ujian untuk professional IT, yang diselenggarakan oleh perusahaan computer raksasa, Microsoft.

Secara teori, Marko bisa mendapatkan pekerjaan untuk memaintain jaringan computer kantor yang kompleks, walaupun ia belum mencapai kelas 3 SD di kota kelahirannya, Skopje, Macedonia, negara bekas Republik Yugoslavia. “Pihak Microsoft memberikan saya computer untuk game dan DVD kartun setelah saya lulus ujian. Hadiah itu karena saya terhitung masih anak-anak. Hal itu sangat menyenangkan, tapi saya tidak terlalu tertarik dengan semua itu. Saya akan menjadi ilmuwan computer bila saya besar nanti dan membuat system operasi yang baru.” ungkap Marko, kepada harian The Times.

Marko mulai membaca dan menulis ketika usianya baru 2 tahun dan mulai bekerja dengan computer segera setelah itu. Berita luar biasa ini sekaligus menjadikan amrko sebagai selebriti local dan id mendapat perhatian ekstra dari Perdana Menteri Macedonia, Nikola Gruevski, yang kemudian memberi Marko 15 komputer untuk praktek di sebuah laboratorium IT. Kdua orang tua Marko yang juga ahli IT (Information Technology), juga sebagai guru computer untuk sekolah anak-anak, rencananya akan mengirimkan Marko ke institute khusus untuk anak berbakat.
“Marko mampu menampilkan kemampuan belajarnya di usia sangat dini. Ia mampu mereplikasi sebuah computer setelah hgan IT.” kata ibu Marko, Radica Calasan (38), ketika bersama Milan (37), suaminya. Bahkan menurut Milan, anaknya itu memiliki mata pelajaran favorit yakni anya membaca tutorialnya di Internet. Sekarang kami yang sering meminta bantuannya ketika ada permasalahan yang berkaitan denmatematika, dan Marko sering menghabiskan waktu luangnya untuk browsing forum Internet untuk professional IT dan berpartisipasi dalam debat di forum tersebut mengenai masalah computer yang kompleks. Dengan terpilihnya Marko Calasan, maka otomatis akan menggantikan rekor professional IT termuda yang pernah diraih gadis India, Lavinashree(9), beberapa bulan lalu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog