Sabtu, 26 September 2009

Pertemuan G20 Dipertimbangkan Sanksi Bagi Iran Terkait Program Nuklir


Pertemuan G20 di Pittsburgh, Amerika Serikat (AS) menghasilkan beberapa kesepakatan, salah satunya terkait program nuklir Iran. Iran kembali diperingatkan mengenai program nuklirnya tersebut.

Presiden AS Barack Obama dalam konferensi pers usai pertemuan G20 mengatakan, perselisihan tentang program nuklir itu akan diselesaikan pada 1 Oktober mendatang. Dan Iran harus menghadiri pertemuan tingkat dunia tersebut.

"Komunitas internasional telah berbicara. Sekarang terserah kepada Iran untuk menanggapi, " kata Obama seperti dikutip dari reuters, Sabtu (26/9/2009).

Dikatakan Obama, dunia lebih bersatu untuk meminta pertanggungjawaban Iran. Ia mencontohkan Rusia dan China mengimbau investigasi IAEA atas program nuklir Iran ditunjukkan dalam kerangka persaudaraaan.

Menurut Obama, tidak ada upaya mengesampingkan opsi yang disampaikan oleh Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad. Perselihan dengan Iran dibicarakan secara diplomasi.

Namun, jika upaya diplomasi itu tidak berjalan, maka dipertimbangkan untuk memberikan sanksi kepada Iran.

"Ketika kami menemukan bahwa jalur diplomasi tidak bekerja, kami akan mengambil posisi lebih kuat untuk, misalnya, menerapkan sanksi," cetus Obama.

Sebelumnya, Perdana Menteri Inggris Gordon Brown dan Presiden Prancis menuduh Iran telah membangun program nuklir kedua secara rahasia. (irw/irw) Irwan Nugroho - detikNews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog