Jumat, 25 September 2009

Arus Balik di Merak Padat


Kepadatan arus balik dari Pelabuhan Bakauheni, Provinsi Lampung, menuju Pelabuhan Merak, Provinsi Banten, berangsur ramai. Jumlah penumpang dan kendaraan yang diangkut kapal penyeberangan terus meningkat dan diperkirakan mencapai puncaknya pada Jumat hingga Minggu nanti.

Pantauan Kompas pada Kamis (24/9), penumpang yang turun dari kapal di Pelabuhan Merak lebih banyak dibandingkan hari sebelumnya. Peningkatan juga terlihat pada jumlah kendaraan roda dua dan empat yang diangkut kapal penyeberangan.

”Hari ini makin terasa ada peningkatan jumlah penumpang arus balik,” kata Ketua Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Cabang Merak Togar Napitupulu.

Penuturan Togar, 28 kapal penyeberangan dioperasikan untuk melayani angkutan arus balik ini. Jumlah ini diperkirakan mampu menampung penumpang, sebagaimana terjadi pada arus mudik beberapa hari lalu.

Tren peningkatan jumlah penumpang dan kendaraan juga terlihat pada arah sebaliknya, yakni dari Merak-Bakauheni. Jumlah kapal roro yang berangkat dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni kemarin tercatat 27 kapal dengan 40.890 penumpang. Kapal cepat sebanyak empat unit, mengangkut 579 penumpang. Jumlah kendaraan yang diangkut 2.497 unit.

Inspektur Pengawasan Umum Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia Brigadir Jenderal (Pol) Eddy G Permana ketika menginspeksi kesiapan Pelabuhan Merak mengatakan, pantauan polisi tidak hanya di Merak. Polda Lampung juga terus memantau pengamanan arus balik di Terminal Rajabasa.

Stasiun Bekasi

Sampai Kamis kemarin, penumpang kereta yang berangkat dari Stasiun Bekasi, Kota Bekasi, untuk tujuan mudik masih cukup banyak. Sebaliknya, pemudik juga mulai berdatangan di Stasiun Bekasi.

Hingga kemarin, sebanyak 2.930 penumpang berangkat dari Stasiun Bekasi dengan tujuan utama ke beberapa kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jumlah penumpang yang berangkat kemarin bahkan lebih banyak dibandingkan dengan sehari menjelang Lebaran. (CAS/COK) KOMPAS.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog