Sabtu, 26 September 2009

Bedah Otak Dengan Peralatan Bor Rumah Tangga


Seorang dokter asal Australia berhasil menyelamatnya nyawa bocah laki-laki berusia 12 tahun hanya dengan menggunakan peralatan bor rumah tangga untuk membedah otaknya setelah mengalami kecelakaan sepeda.
Insiden itu berawal ketika Nicholas Rossi terjatuh dari sepedanya di sebuah gang buntu di Maryborough, Victoria, demikian lansir The Australian.
Ketika tiba di rumah, Nicholas kerap melontarkan keluhan sakit kepala dan ibunya, Karen, seorang juru rawat terlatih, membawanya ke rumah sakit dimana Dr Rob Carson, dokter umum sedang bertugas.
Dokter itu memeriksa bocah malang tersebut dan satu jam kemudian tubuh Nicholas jadi bergetar, ia juga kehilangan kesadaran dan mengalami kejang-kejang.
Dr Carson mengenali gejala tersebut sebagai pendarahan di dalam tengkorak kepala yang menyebabkan tekanan akut di otak, kondisi yang sama seperti dialami oleh aktris Natasha Richardson.
Michael, ayah Nicholas, mengatakan, "Dr Carson mendatangi kami dan mengatakan, 'Saya akan membedah otak Nicholas untuk mengurangi tekanan di otaknya - Kita harus lakukan tindakan sesegera mungkin'."
Sayangnya rumah sakit di kawasan kecil itu tak dilengkapi dengan bor khusus untuk mengoperasi. Tak kehilangan akal, Dr Carson menggunakan peralatan bor rumah tangga, De Walt drill, yang biasanya digunakan untuk membuat lubang pada kayu.
Ia kemudian menghubungi dokter ahli bedah syaraf ternama di Melbourne, David Wallace untuk memandunya melakukan prosedur pembedahan yang belum pernah ia lakukan sebelumnya.
Dr Carson membor hingga gumpalan darah di kepala Nicholas dapat dikeluarkan dan melanjutkan pertolongan pertama hingga korban dapat diangkut melalui pesawat udara menuju rumah sakit anak Melbourne Royal Children's Hospital.
"Ketika kita berada dalam situasi darurat, kita memang terpaksa bertindak cepat," katanya. "Tentu saja ini bukan prestasi pribadi, karena saya dibantu oleh tim medis yang hebat dalam menangani kasus ini."

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog