Kamis, 24 September 2009

Sunyinya Pittsburgh dan Kawalan Superketat

Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat, terasa sunyi lengang. Pusat kotanya sepi. Perkantoran tutup. Polisi ada di mana mana. Tak ketinggalan polisi berkuda dan tentara bersenjata lengkap.

Itulah suasana yang terasa pada Kamis 24 September 2009 pukul 09.45 pagi waktu setempat atau pukul 20.45 WIB. Maklum saja, saat ini puluhan kepala negara anggota G20 sedang berada di Pittsburgh. Mereka mengikuti pertemuan Tingkat Tinggi G20 atau The Pittsburgh Summit 2009.

G20 digelar dua hari, 24-25 September 2009. Hampir semua kepala negara tinggal di Hotel Westin, Pittsburgh. Presiden SBY termasuk yang menginap di Hotel Westin.

Hampir seluruh akses menuju Hotel Westin dikepung polisi. Pasukan kuda ditebar. Akses utama menuju Westin, Ninth Street misalkan, diblokade dengan barikade mobil polisi.

Jalan-jalan utama ditutup untuk kendaraan umum. Hanya mobil berstriker khusus yang bisa melalui jalan utama. Itu pun, setiap mobil diperiksa secara ketat oleh aparat keamanan.

Pemeriksaan super ketat. Anjing pelacak dikerahkan. Kolong mobil dilihat. Kap mesin harus dibuka. Amerika nampaknya tak mau kecolongan.
(bdi/mok) Budiono Darsono - detikNews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog