Senin, 26 Oktober 2009

IT: 2009, Tahun Terbaik Facebook


VIVAnews - Tahun 2009 mungkin akan menjadi tahun terbaik sepanjang sejarah Facebook. Bagaimana tidak, tahun ini situs media sosial itu mencatat pertumbuhan trafik hingga 200 persen.

Seperti VIVAnews kutip dari Mashable, 23 Oktober 2009, jika pada 2008, pengunjung Facebook mencapai 40 juta setiap bulannya, tahun ini angka tersebut meroket hingga mendekati 125 juta pengunjung.

Awal tahun ini saja, Facebook telah mempunyai sekitar 150 juta pengguna aktif, yang kini telah ‘meledak’ menjadi 300 juta-an pengguna aktif. Dengan cepat dan mudahnya, Facebook melejit ke nomor satu sebagai situs jejaring sosial terpopuler di dunia saat ini, dengan pertumbuhan yang drastis.

Pertumbuhan tersebut tak hanya terjadi di sisi trafik dan jumlah pengguna, tetapi juga inisiatif-inisiatif Facebook lainnya juga naik dengan mantap tahun ini. Terutama aplikasi-aplikasi berstandar terbuka yang beredar di dalamnya.

Hal ini membuat Facebook menjadi salah satu Web yang juga terpopuler dalam hal platform aplikasi, dan mencatat pertumbuhan yang kuat di kalangan jejaring media sosial.

Saat ini, The Facebook Application Platform dilaporkan telah menampung sekitar 350 ribu aplikasi, dan dalam sebulan, sekitar 10 juta pengguna yang berinteraksi secara aktif di dalamnya.

Fakta lainnya, 70 persen dari total pengguna merupakan pengguna aplikasi aktif di dalam Facebook. Menurut data AppData.com, diperkirakan 100 aplikasi memiliki sejuta pengguna aktif. Dan, aplikasi terpopuler di dalam Facebook hingga saat ini adalah FarmVille, yang memiliki 11 juta pengguna (per Agustus 2009) dan telah meroket jadi 60 juta pengguna.

Sementara itu, inisiatif lainnya, Facebook Connect, yang diluncurkan Juli tahun lalu, saat ini digunakan di lebih dari 15.000 website. Facebook Connect adalah layanan yang memungkinkan website-website eksternal mendapatkan izin untuk mengakses akun Facebook melalui websitenya secara aman melalui kerja sama.

Begitu pun halnya pada Facebook Pages. Berdasarkan data Facebook, jutaan orang menjadi penggemar dari Pages tertentu setiap harinya. Sekarang, platform ini juga telah dipenuhi oleh selebritis-selebritis papan atas, semacam Vin Diesel, Jennifer Aniston, U2, Radiohead, Mew, dan lainnya, sebagai media komunikasi antara mereka dan penggemarnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog