Sabtu, 31 Oktober 2009

Luar Biasa, Dalam Sehari AS Tutup 9 Bank




VIVAnews - Penutupan bank-bank bermasalah di Amerika Serikat (AS) terus berlangsung. Bahkan, baru kali ini pemerintah AS bisa menutup sembilan bank sekaligus dalam sehari.

Penutupan sembilan bank itu dilakukan oleh Lembaga Penjamin Deposit Federal (FDIC), Jumat 30 Oktober 2009. Perusahaan-perusahaan keuangan itu beroperasi di negara bagian California, Illinois, Texas dan Arizona. 

Sembilan bank itu memiliki 153 kantor cabang. Akibat penutupan itu semua kantor cabang untuk sementara tetap beroperasi dengan nama US Bank.

FDIC menyatakan bahwa baru kali ini pihaknya menutup sampai sembilan bank dalam sehari. Bank-bank ini rata-rata sudah tidak sanggup lagi menyediakan modal sesuai standar minimum dan tak kuasa menanggung kerugian besar akibat kredit macet.
Penutupan sembilan bank itu terasa ironis mengingat ekonomi AS mulai kembali tumbuh pada triwulan ketiga 2009 setelah setahun terakhir terus merosot.
Dengan demikian, sejak awal tahun ini pemerintah AS sudah menutup 115 bank. Pada 1989, FDIC pernah menutup 534 bank - rata-rata sekitar 10 bank dalam seminggu. Saat itu AS diguncang krisis simpan pinjam perbankan. (AP)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog