Kamis, 29 Oktober 2009

MASAKAN: Rahasia Membuat Steak Empuk dan Nikmat


Tanya:
Saya beserta keluarga gemar makan steak. Saya ingin menyajikan sajian favorit ini sebagai kejutan untuk keluarga. Saat ini saya sedang belajar untuk mendapatkan hasil daging yang empuk, matang dan dengan saus yang lezat. Apa rahasianya agar memperoleh hasil steak yang tidak kalah lezat dari buatan resto.

Rida – Bogor

Jawab:
Steak yang enak dan empuk sangat bergantung dari daging dan teknik memasaknya. Untuk hasil steak yang empuk, sebaiknya memakai daging yang khusus dijual untuk steak biasanya merupakan produk impor.
Namun kita bisa juga memakai daging sapi lokal, pilih bagian has dalam (tenderloin), has luar (sirloin), dan top side.  Ada beberapa tip supaya steak yang kita buat jadi empuk dan enak;

1. Irisan daging untuk steak harus melintang serat (serat daging tidak boleh membujur). Daging dengan irisan seperti ini akan cepat empuk dibandingkan bila seratnya diiris membujur. Bisa juga dengan membubuhkan bahan pengempuk daging (meat tenderizer) yang bisa dibeli di toko bahan pangan.

2. Selalu me-marinade atau merendam  daging dalam cairan bumbu selama 1,5-2 jam di dalam chiller. Balik daging sekali-sekali supaya bumbu bisa terserap dengan sempurna.

3.Setelah cukup di marinade, lumuri permukaan daging dengan bumbu ketika akan di matangkan.

4. Jangan memasak steak terlalu lama, karena daging yang terlalu matang akan menjadi liat.
Daging yang terlalu matang akan kehilangann gurihnya.

5.Bila ingin mudah, Anda tinggal membeli saus steak siap pakai. Bumbu ini bisa dibeli di pasar swalayan pada gerai bumbu kering. Ini adalah saus steak siap pakai yang mudah di gunakan.

VIVAnews.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog