Sabtu, 31 Oktober 2009

NEWS: Uang Palsu Sebanyak Rp 500 Juta Itu Mirip Aslinya



JAKARTA, KOMPAS.com — Jajaran Direktorat Polisi Air (Polair) Badan Pembinaan Keamanan (Babinkam) Polri, Jumat (30/10), menangkap tujuh pengedar dan pembuat uang palsu pecahan Rp 100.000 senilai Rp 163 juta. 

Kasubsi Idik Gakum Direktorat Polair Babinkam Polri Kompol I Made Suka Wijaya, Sik mengatakan, dari tangan para pelaku, polisi menyita uang palsu yang masih dalam bentuk lembaran senilai Rp 150 juta. 

Tertangkapnya ketujuh pelaku berawal ketika polisi mendapat informasi perdagangan uang palsu di atas kapal nelayan. "Setelah adanya informasi dari warga, dilakukan penangkapan," ujar I Made. 

Dalam penyergapan itu, polisi berhasil menangkap dua tersangka di atas kapal ikan KM Asnaria II di Kali Baru, Cilincing, Jakarta Utara. 

Kedua tersangka adalah SD dan SJ. Dari pengembangan, polisi kembali menangkap lima orang lainnya, Fir (23), Su (55), Sa (60), Jap (25), dan Ba (43). Kelimanya ditangkap di Plaza Dwima dan Plaza Cilandak Town Square. 

"Uang yang dicetak komplotan Lampung tersebut dibuat sangat rapih. Uang palsu yang diterawang, ada hologram dan tali air. Sepertinya pembuatan uang palsu ini dilakukan dengan mesin yang tintanya sangat bagus," ujarnya. 

Uang palsu yang sangat mirip dengan aslinya ini akan ditukarkan dengan uang asli. "Uang palsu sebesar Rp 30 juta ditukarkan dengan uang asli Rp 10 juta," ujar I made. 
Kepada para pengedar, uang palsu yang dicetak secara rumahan tersebut akan diputihkan. Pembuatan uang palsu berada di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. "Pemodal uang palsu, HW, saat ini sedang dperiksa," ujar I Made. 

Pemodal uang palsu tersebut mengaku baru sekali ini menjual palsu. Uang palsu yang dicetak sebanyak Rp 500 juta. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog