Kamis, 22 Oktober 2009

POLITIK: Siapa yang Mengusulkan Endang Jadi Menkes


VIVAnews - Terpilihnya  Endang Rahayu Sedyaningsih sebagai Menteri Kesehatan dalam Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, menimbulkan tanda tanya besar.

Siapa Endang hingga menyingkirkan Nila Djuwita Moeloek yang guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan berjasa menaikkan peringkat UI di level dunia.

Siapa yang mengusulkan Endang jadi Menkes? "Saya nggak tahu, kalau Anda tahu, kasih tahu saya," kata dia di rumahnya di Jalan Pendidikan Raya III, Blok J-55 Kompleks IKIP Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis 22 Oktober 2009.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Kabinet Indonesia Bersatu, Siti Fadilah Supari mengaku kaget dan tak habis pikir mengapa Endang yang dipilih. Sebab, Endang 'hanya' eselon II di Departemen Kesehatan dan tak punya jabatan. Selain itu, Endang juga dikenal dekat dengan Namru.

Ketika menjabat menteri, Endang akan memiliki bawahan, yang sebelumnya justru menjadi senior-seniornya di Departemen Kesehatan.

Namun, Endang justru senang. "Kebetulan saya bisa nanya banyak, banyak bimbingan. Kalau dengan orang-orang yang lebih muda saya malah repot," tambah dia.

Terkait informasi kedekatannya dengan laboratorium kes
ehatan Angkatan Laut Amerika Seikat, Namru, Endang mengakuinya. "Dekat dengan Namru, betul," tambah dia.

Ditambahkan Endang, dia dekat dengan banyak orang. Selain Namru, Endang juga mengaku dekat dengan Jepang dan Belanda, sebagai peneliti.

Apakah Endang lebih dekat dengan Namru daripada dengan Siti Fadilah Supari? "Kalau saya bilang dekat dengan ibu [Siti Fadilah], nanti saya dibilang sombong. Ibu kan menteri," kata Endang.

Sebelum jadi Menkes, Endang menjabat Direktur Pusat Riset dan Pengembangan Biomedis dan Farmasi, Departemen Kesehatan sejak Februari 2007.
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog