Jumat, 23 Oktober 2009

POLITIK : Inilah Para Pimpinan Komisi di DPR


VIVAnews - Dewan Perwakilan Rakyat telah mengisi kepemimpinan komisi dan tiga badan kelengkapannya. Semua partai mendapat jatah menjadi ketua komisi atau wakil ketua komisi.

Berikut rinciannya. Komisi I yang membidangi sektor pertahanan, luar negeri, dan informasi diketuai Tifatul Sembiring (FPKS), Sementara Wakil Ketua yaitu, Hayono Isman (FPD), Agus Gumiwang Kartasasmita (FPG), dan TB Hasanuddin (PDIP).

Komisi II yang membidangi sektor pemerintahan dalam negeri, otonomi daerah, aparatur negara, dan agraria diketuai Burhanuddin Napitupulu (FPG)  Wakil Ketua yaitu, Taufiq Effendi (FPD), Ganjar Pranowo (FPDIP), dan Teguh Juwarno (FPAN).

Komisi III yang membidangi sektor hukum, perundang-undangan, hak asasi manusia dan keamanan diketuai Benny Kabur Harman (FPD), Wakil Ketua M. Azis Syamsuddin (FPG), Fahri Hamzah (FPKS), dan Tjatur Sapto Edy (FPAN).
Komisi IV yang membidangi pertanian, perikanan, kehutanan dan kelautan serta Badan Urusan Logistik diketuai Ahmad Muqowam (F-PPP). Sedangkan Wakil Ketua diduduki oleh Mohammad Jafar Hafsah (F-PD), Firman Soebagyo (F-PG), dan Anna Mu’awanah (F-KB).

Komisi V yang membidangi pekerjaan umum, perhubungan, perumahan rakyat, pembangunan daerah tertinggal, diketuai Taufik Kurniawan (F-PAN), dengan Wakil Ketuanya adalah H. Mulyadi (F-PD), Muhidin Mohamad Said (F-PG), dan Yoseph Umar Hadi (F-PDIP).

Komisi VI yang membidangi sektor perdagangan, perindustrian, investasi, koperasi UKM, dan BUMN diketuai Airlangga Hartarto (F-PG) sedangkan kursi Wakil Ketua Komisi VI diduduki oleh Agus Hermanto (F-PD), Aria Bima (F-PDIP), dan Nurdin Tampubolon (F-Partai Hanura).

Komisi VII yang membidangi sektor energi, sumber daya mineral, riset dan teknologi, serta lingkungan hidup diketuai Teuku Riefky Harsya (F-PD), dengan Wakil Ketuanya yaitu, Zainudin Amali (F-PG), Effendi M.S. Simbolon (F-PDIP), dan Achmad Farial (F-PPP).

Komisi VIII yang membidangi sektor agama, sosial, dan pemberdayaan perempuan dipimpin Abdul Kadir Karding (PKB) dengan Wakil Ketua terdiri dari Gondo Radityo Gambiro (F-PD), Chairun Nisa (F-PG) dan Yoyoh Yusroh (F-PKS).

Komisi IX yang membidangi kesehatan, tenaga kerja, transmigrasi dan keluarga berencana diketuai Ribka Tjiptaning (F-PDIP) dengan Wakil Ketua Ahmad Nizar Shihab (F-PD), Irgan Chairul Mahfiz (F-PPP) dan Sumarjati Arjoso (F-Gerindra).

Ketua Komisi X yang membidangi sektor pendidikan, pemuda, olahraga, pariwisata, kesenian, dan kebudayaan diketuai Mahyuddin NS (FPD), dengan Wakil Ketua Rully Chairul Azwar (F-PG), Heri Akhmadi (F-PDI Perjuangan) dan Abdul Hakam Naja (F-PAN).

Ketua Komisi XI yang membidangi sektor keuangan, perencanaan pembangunan nasional, perbankan, dan lembaga keuangan non-bank diketuai Emir Moeis (PDIP), Wakil Ketua Achsanul Qosasi dari fraksi Demokrat, Melchias Marcus Mekeng dari fraksi Golkar, dan Sohibul Imam dari fraksi PKS.

Badan Legislasi diketuai Ignatius Mulyono (FPD), sementara Wakil Ketua yaitu Achmad Dimyati Natakusuma (FPPP), Ida Fauziah (FPKS), dan Sunardi Ayub (F-PHanura). Badan Kerjasama Antarparlemen diketuai Hidayat Nur Wahid (FPKS), Wakil Ketua Nurhayati Aliaseggaf (FPD), Sidarto Danusubroto (FPDIP), M. Najib (FPAN).

Sementara Badan Kehormatan diketuai Gayus Lumbuun (PDIP) dengan didampingi dua Wakil Ketua yaitu Abdul Wahab Dalimunthe (F-PD) dan Chairuman Harahap (F-PG). Anggota Badan Kehormatan lainnya adalah Salim Mengga (F-PD), Darizal Basir (F-PD), Nudirman Munir (F-PG), Tri Tamtomo (F-PDIP), Anshory Siregar (F-PKS), Azwar Abubakar (F-PAN) Hisyam Alie (F-PPP) dan Ali Maschan Moesa (F-PKB).
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog