Rabu, 14 Oktober 2009

2009, Makin Banyak Penduduk Dunia Kelaparan

Jumlah penduduk dunia yang menderita kelaparan mulai merangkak naik sejak 1995, hingga mencapai 1,02 miliar orang pada 2009. Badan pangan dan pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) merilis laporan tersebut (State of Food Insecurity 2009) di Roma, Italia, Rabu 14 Oktober 2009.

Penyebab kenaikan penderita kelaparan di dunia adalah tingginya harga bahan pangan dan krisis keuangan global. Pada Juni lalu, jumlah penderita kekurangan gizi ini mencapai 1 miliar dan 963 juta satu tahun lalu.

Bahkan sebelum krisis ekonomi menambah panjang daftar penderita kelaparan dunia hingga mencapai 1 miliar, bantuan dan investasi di bidang pertanian yang berkurang menyebabkan penderita kelaparan meningkat selama satu dekade terakhir.

Tujuan ambisius untuk mengurangi jumlah penderita kelaparan pada 2015 tidak akan tercapai bila tren di atas masih berlangsung. Kesalahan bagi tren jangka panjang tersebut terletak pada berkurangnya bantuan dan investasi swasta bagi pertanian dalam beberapa tahun terakhir.

“Dalam perjuangan melawan kelaparan, sebaiknya difokuskan pada bagaimana cara meningkatkan produksi pangan,” kata Direktur Jenderal FAO, Jacques Diouf. “Sewajarnya, pertanian itu menjadi prioritas utama, tetapi yang terjadi justru sebaliknya,” lanjutnya.

Pada 1980, 17 persen bantuan yang diberikan negara donor digunakan untuk pertanian. Jumlah bantuan untuk pertanian tersebut turun menjadi 3,8 persen pada 2008 dan hanya sedikit bertambah dalam tiga tahun terakhir. Penurunan bantuan tersebut kemungkinan disebabkan oleh rendahnya harga bahan pangan yang memperkecil investasi di bidang pertanian. Selain itu juga adanya kompetisi bantuan bagi sektor lain, termasuk stimulus darurat, pengurangan hutang, dan pengendalian populasi. (AP) • VIVAnews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog