Senin, 19 Oktober 2009

BEAUTY: Mungkinkah Kantung Mata Hilang dengan Eye Cream?


Pertama-tama harus dibedakan istilah antara kantung mata (baggy eyes) dan sembab kelopak mata (puffy eyes), sesungguhnya kedua istilah ini berbeda baik secara mekanisme terjadinya maupun penanganannya.

Baggy eyes terkait proses penuaan. Pada kondisi ini elastisitas kulit kelopak mata sangat berkurang sehingga kulit menjadi kendur dan berkerut-kerut. Tidak hanya kulit, jaringan lunak bawah kulit kelopak mata juga berkurang elastisitasnya. Begitu pula jaringan lemak menjadi berkurang kepadatannya, sehingga saat terakumulasi volume nya menjadi besar. Akibat proses penuaan, selaput tipis penahan lemak (septum orbita) juga kehilangan kekuatan strukturnya sehingga tidak lagi mampu menahan lemak di sekitar mata. Hasil akhir dari proses itu, kelopak mata tampak menggembung terisi gumpalan jaringan lemak.

Tindakan bedah plastik merupakan satu-satunya cara untuk menghilangkan baggy eyes. Operasi kelopak mata ini disebut blefaroplasti. Prinsip operasi ini adalah membuang sebagian volume jaringan lemak kelopak mata dan mengencangkan kembali kulit kelopak mata dengan membuang kelebihan kulit kelopaknya. Pada prosedur ini, kegunaan krim mata (eye cream) hanya berfungsi untuk memfasilitasi proses pemulihan pascaoperasi dan menyamarkan bekas operasi.

Sedangkan puffy eyes merupakan pembengkakan kelopak mata yang sementara dan terkait dengan proses pengumpulan cairan di dalam jaringan lunak kelopak mata bawah. Sembab kelopak mata bawah juga disertai warna kulit yang lebih gelap, hal ini terkait dengan pelebaran kaliber pembuluh-pembuluh darah halus di jaringan kelopak mata bawah.

Terjadinya puffy eyes dapat terkait faktor keturunan, namun seringkali hal ini akibat reaksi alergi, kurang tidur, setelah menangis, konsumsi garam berlebihan, perubahan hormonal yang menyebabkan peningkatan kadar air di dalam tubuh, konsumsi alkohol, stres fisik dan psikis, kondisi pascaoperasi atau masa pemulihan pascaoperasi, dan peradangan rongga sinus tulang rahang atas (sinusitis).

Berbagai cara dapat dilakukan untuk mengurangi / mengatasi puffy eyes. Salah satunya dengan menggunakan krim mata (eye cream). Krim mata mengurangi pembengkakan kelopak mata atas dasar efek dingin yang menyusutkan kaliber pembuluh darah halus di kelopak mata bawah sehingga mengurangi produksi cairan di jaringan kelopak mata bawah.

Seringkali setelah sembab kelopak mata bawah berkurang, kulit di kelopak mata bawah menjadi berkerut-kerut halus. Oleh karena itu krim mata biasanya mengandung pelembab yang berperan dalam menghilangkan kerutan-kerutan halus di sekitar kelopak mata. Penggunaan teratur krim mata sangat membantu menyamarkan dan menghilangkan puffy eyes.

Selain penggunaan krim mata, berikut ini terdapat beberapa tips untuk membantu menangani puffy eyes:

- Meninggikan posisi kepala relatif lebih tinggi daripada posisi jantung - mengganjal kepala dengan beberapa bantal agar cairan tidak menumpuk di area kelopak mata. Bila terjadi sembab kelopak mata, biasanya cairan akan menghilang spontan setelah 2 - 6 jam.
- Melatih gerakan bola mata - memutar bola mata ke satu arah beberapa kali dan kemudian ke arah sebaliknya dengan jumlah putaran yang sama.
- Kompres dingin - mengkompres mata dengan kantung es yang dilapisi kain lembab. Kompres diulang beberapa kali sampai bengkak menghilang.
- Kompres mata dengan irisan kentang / mentimun / kantung teh hijau selama 15-20 menit.
- Kompres mata dengan campuran air hangat dan garam selama 5 - 10 menit.

Wendy Sundari
Konsultan: dr.Ismiralda Oke Putranti, SpKK (cosmeto-dermatologist), dr. Ahmad Fawzy, SpBP (dokter spesialis bedah plastik)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog