Senin, 19 Oktober 2009

DUNIA: Topan Berkecepatan 175 KM/Jam Ancam Filipina


VIVAnews - Topan berkekuatan tinggi bergerak mendekati Filipina pada Senin 19 Oktober 2009. Badan Koordinasi Penanggulangan Bencana Nasional (NDCC) memperkirakan Topan Lupit akan tiba di daratan Filipina, Selasa 20 Oktober 2009 besok.

NDCC menyatakan saat ini topan berada sejauh 1.160 kilometer di sebelah timur provinsi Cagayan. Stasiun televisi CNN memberitakan kecepatan angin dalam topan ini mencapai 175 kilometer per jam.

Pemerintah Filipina telah menyiapkan tim darurat dan mengeluarkan cadangan pangan, air bersih, dan selimut untuk menghadapi Lupit. Pemerintah khawatir topan ini akan menyebabkan bencana longsor dan banjir sehingga memperburuk akibat dari dua badai sebelumnya, Ketsana dan Parma.

Saat ini, jumlah korban jiwa akibat dua badai tropis tersebut telah mencapai 858 orang. Ketsana menghantam Filipina pada 26 September dan menyebabkan banjir terburuk selama 40 tahun terakhir. Delapan puluh persen wilayah Manila terendam.

Sekitar 420 orang dinyatakan tewas dan 37 lainnya hilang. Sebagian besar korban meninggal saat badai terjadi namun tidak sedikit yang meninggal pasca-badai akibat leptospiroris, infeksi bakteri akibat terkena air yang terkontaminasi urin binatang.

Pada 3 Oktober, Topan Parma menerpa sebagian besar pulau Luzon. 438 orang meninggal dan 55 ribu terluka. Sebanyak 51 orang masih hilang.
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog