Kamis, 01 Oktober 2009

Gempa 7,6 SR Guncang Sumbar Gubernur: Kerusakan akibat Gempa Sangat Parah


Masih belum bisa memastikan berapa banyak korban jiwa yang terjadi akibat gempa.

Gempa bumi berskala 7,6 skala Richter, Rabu sore, 30 September 2009 yang menggoncang beberapa wilayah Sumatera Barat mengakibatkan kerusakan yang sangat parah. Beberapa gedung dilaporkan hancur dan terbakar akibat gempa.

Gubernur Sumatera Barat Gamawan Fauzi yang saat gempa terjadi berada di Jakarta menuturkan, laporan yang dia terima dari stafnya menyatakan, kerusakan akibat gempa cukup parah.

“Laporan yang saya terima sudah banyak gedung yang rusak dan terbakar akibat gempa ini. Bahkan pagar tembok di belakang Gubernuran roboh semuanya. Saya juga mendapatkan laporan kalau masjid di kompleks Gubernuran sudah tak mungkin bisa dipakai lagi karena rusak parah,” ujar Gamawan.

Pemprov Sumbar, lanjut Gamawan, masih belum bisa memastikan berapa banyak korban jiwa yang terjadi akibat gempa. Dia mengatakan, besarnya gempa membuat warga cukup panik akan terjadinya gelombang tsunami.

“Karena takut tsunami, banyak warga yang mencoba menyelamatkan diri dengan pergi ke tempat lebih tinggi. Meninggalkan rumahnya. Kami masih belum mendapat laporan berapa banyak korban yang meninggal,” katanya seperti yang dilansir menkokesra.go.id.

Gamawan mengatakan masih menunggu laporan komprehensif dari pegawai jajaran Pemprov Sumbar. “Saya juga sudah ditelepon Wakil Presiden yang menanyakan perkembangan terbaru. Untuk itu, malam ini juga saya kembali ke Padang,” kata Gamawan. • VIVAnews 

 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog