Kamis, 01 Oktober 2009

Anggota DPR Terpilih Dilantik di Tengah Derita Korban Gempa


Anggota DPR dan DPD terpilih periode 2009-2014 akan dilantik hari ini, Kamis (1/9/2009). Guna melakukan perhelatan tersebut setidaknya uang hampir Rp 50 Miliar harus dikeluarkan oleh negara.

Pengeluaran besar tersebut sebenarnya jauh-jauh hari sudah mendapatkan kritik dari berbagai kalangan. Namun demikian hal tersebut tidak digubris sama sekali.

Berbagai persiapan pun telah dilakukan untuk menyambut kedatangan para anggota dewan yang sebagian masih dihiasi wajah-wajah lama. Pantauan detikcom Rabu kemarin, karpet merah terhampar guna menyambut para anggota dewan, selain itu acara gladi resik pun juga telah dilakukan.

Meski panitia sudah siap betul, tampaknya acara pelantikan nanti akan dilakukan secara singkat. Hal ini karena Indonesia baru saja mengalami bencana gempa bumi yang mengguncang wilayah Sumatera Barat (Sumbar).

Gempa berkekuatan 7,6 SR hingga Rabu sore dilaporkan telah menewaskan sedikitnya 75 orang. Selain itu ribuan bangunan hancur, serta akses jalan menuju lokasi juga terputus.

Namun demikian, tampaknya gempa ini tidak akan mempengaruhi berlangsungnya acara pelantikan tersebut. Para anggota DPR dan DPD terpilih akan tetap dilantik di tengah derita korban gempa Sumbar.

Hal ini sudah dinyatakan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, acara pelantikan tersebut akan tetap berlangsung walau Indonesia dirundung duka.

"Kalendar negara akan tetap berjalan, seperti pelantikan dan lain-lain tetapi mungkin akan
disingkat-singkat," ujar JK kemarin.

Kini masyarakat tengah menunggu untuk menyaksikan pelantikan wakil rakyat yang mengeluarkan uang tidak sedikit itu. Meski hampir dipastikan tidak akan melihat prosesi pelantikan di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, para korban gempa tentunya sangat berharap para wakil (baru) mereka mau menunjukkan kepeduliannya.

(ddt/lrn) Didit Tri Kertapati - detikNews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog