Kamis, 01 Oktober 2009

Gempa Sumbar RS Terapung Siap Dalam 3 Hari

Pemerintah meminta TNI AL menyiapkan kapal rumah sakit untuk membantu penanganan korban gempa Sumatera Barat (Sumbar). Langkah ini diambil menyusul runtuhnya RSUP M Jamil yang merupakan fasilitas kesehatan utama di Padang.

Demikian salah satu poin hasil rapat kabinet tentang persiapan tanggap darurat gempa Sumbar, Rabu (30/9/2009). Rapat berlangsung di kediaman dinas Wapres Jusuf Kalla, Jl Diponegoro, Jakarta.

"Tiga hari mendatang sudah ada RS terapung untuk perawatan para korban," kata Menko Kesra Aburizal Bakrie.

Fasilitas rumah sakit terapung tersebut merupakan bagian dari Armada Timur TNI AL yang berpangkalan di Surabaya. Sudah diperintahkan kepada TNI AL agar menyiapkan dan memberangkatkan kapal tersebut ke Padang.

"Kapal sudah diperintahkan bergeser dari Surabaya ke Padang," ujar Ical.

Selain mengirimkan kapal rumah sakit, pihak TNI juga membantu pengiriman logistik bantuan berupa bahan makanan, pakaian dan obat-obatan termasuk tim medis. Dua pesawat Hercules TNI AU esok pagi akan bertolak ke Padang untuk membantu operasi tanggap darurat.

"Besok pagi Depkes memberangkatkan 100 orang dokter. Juga tenda-tenda dan alat-alat penjernih air dari Departemen PU," papar Ical.

(lh/lrn) Muhammad Taufiqqurahman - detikNews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog