Kamis, 15 Oktober 2009

Hari Cuci Tangan Sedunia, Cuci Tangan Yuk!


Jakarta - Mungkin hanya segilintir orang yang tahu bahwa 15 Oktober yang jatuh hari ini, diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia (HCTS). Ketidaktahuan dimaklumi, sebab pada 2009 ini HCTS baru diperingati untuk kedua kalinya.

HCTS, tentunya pakai sabun, adalah kampenye global yang dicanangkan oleh PBB dengan peserta lebih dari 70 negara di dunia sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

Serangkaian kegiatan pun digelar untuk memperingati HCTS. Antara lain seperti yang akan dilakukan Departemen Kesehatan (Depkes).

Dalam rilis yang diterima detikcom, Kamis (15/10/2009) Dirjen PPPL Depkes secara resmi akan melepas sekitar 500 anak SD untuk kegiatan aksi 'Langit Cerah' dalam rangka sosialisasi cuci tangan pakai sabun.

Dalam peringatan HCTS kali ini, Depkes mengambil tema 'Cuci Tangan Pakai Sabun, Cegah Penyebaran Flu Baru H1N1'. Kampanye Depkes ini akan mangambil tempat di Gedung Pusat Dakwah PP Muhammadiyah, Jl Menteng Raya, Jakpus,  pukul 07.30 WIB.

Sebuah perusahaan penghasil produk sabun cuci tangan pun tak mau melewatkan kesempatan ini. Perusahaan itu akan mengadakan aksi cuci tangan serentak di 9 Kota besar di Indonesia pada pukul 10.00 WIB. 9 Kota itu adalah Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Makassar, Banjarmasin, Ambon, dan Jayapura.

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2007, seperti yang disampaikan USAID, menyatakan kematian balita dan anak-anak Indonesia terbesar adalah akibat diare dan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

Nah, menurut penelitian, perilaku kecil seperti mencuci tangan dengan sabun dapat berdampak besar mengurangi angka kematian yang terkait dengan penyakit diare hingga hampir 50 persen. Makanya sedari sekarang, biasakan cuci tangan. Cuci tangan yuk!
(lrn/ddt) Laurencius Simanjuntak - detikNews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog