Jumat, 02 Oktober 2009

Hari Ini Jangan Lupa Pakai Batik


Sebagai dukungan terhadap pengukuhan batik sebagai warisan budaya dunia.

Warga masyarakat diminta untuk tidak lupa menggunakan batik hari ini, sebagai dukungan terhadap pengukuhan batik sebagai warisan budaya dunia bukan benda oleh Badan PBB Mengenai Pendidikan, Ilmu dan Budaya (UNESCO).

Anjuran ataupun imbauan untuk menggunakan batik pada hari ini, Jumat 2 Oktober 2009, telah disampaikan sejak jauh hari.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, juga menginstruksikan kepada seluruh jajaran pegawai negeri sipil (PNS) dan karyawan di lingkungan Provinsi DKI Jakarta agar mengenakan batik.
Seruan ini juga berlaku bagi warga Jakarta yang memiliki kecintaan terhadap warisan budaya Indonesia.

"Gubernur mengeluarkan instruksi kepada para kepala SKPD dan UKPD untuk menyampaikan kepada stakeholder dan masyarakat agar memberikan dukungan atas dikukuhkanya batik sebagai warisan budaya dunia dengan mengenakan batik pada 2 Oktober mendatang," tutur Aurora Tambunan, Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata.

Batik Indonesia didaftarkan oleh kantor Menko Kesra kepada UNESCO untuk mendapatkan status Intangible Cultural Heritage (ICH).
Keputusannya akan diberikan pada 2 Oktober dalam rapat di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pukul 16.00 waktu setempat atau 20.00 WIB.

Bila permintaan itu diterima, batik akan menjadi warisan ketiga Indonesia yang terdaftar dalam Intangible Heritage of Humanity UNESCO, setelah wayang (2005) dan keris (2003). Selanjutnya yang sedang didaftarkan adalah gamelan dan angklung.
• VIVAnews


1 komentar:

  1. Mencari perlengkapan membatik berkualitas dengan harga murah?.. Kunjungi toko online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya. Regards : Fitinline..

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog