Kamis, 15 Oktober 2009

Jelang MotoGP Australia Statistik Lima Besar di Phillip Island


Jakarta - Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo akan bersaing ketat di MotoGP Australia untuk selangkah lebih dekat ke tahta juara. Berikut data dan fakta kedua pembalap itu dan tiga pembalap teratas lainnya ketika melaju di Phillip Island.

Valentino Rossi

*Rossi sudah 12 kali membalap di Phillip Island, baik untuk kelas 125cc, 250cc dan 500cc/MotoGP. Dari total kunjungan tersebut, dia berhasil menjejak podium sebanyak 11 kali, sebagaimana dikutip visordown.

*Dari 12 kunjungannya itu, Rossi hanya sekali tak mampu menempati posisi tiga besar. Itu terjadi pada kunjungan pertama di tahun 1997 di kelas 125cc. Saat itu dia finis keenam --setahun sebelumnya Rossi finis ke-14 di Australia, tapi saat itu sirkuit Phillip Island belum dipergunakan.

*Di tahun 1998 and 1999 Rossi memenangi balapan di sini untuk kelas 250cc dan semenjak itu berhasil sembilan kali naik podium di kelas primer, termasuk di antaranya lima kemenangan dengan kemenangan terakhir dia capai tahun 2005.

*Phillip Island adalah satu dari dua sirkuit yang digunakan saat ini, di mana Rossi belum pernah menempati pole saat menunggangi Yamaha --dia bergabung dengan Yamaha tahun 2004. Satu sirkuit lainnya adalah Laguna Seca.


Jorge Lorenzo

*Lorenzo, yang baru melakukan debut di kelas MotoGP tahun 2008, memenangi balapan di Phillip Island tahun 2006 dan 2007 di kelas 250cc, setelah mengawali balapan dari posisi terdepan di kedua balapan.

*Pada musim debutnya di MotoGP tahun lalu, Lorenzo yang kini hanya berjarak 18 angka dari Rossi cuma finis di posisi empat.


Dani Pedrosa

*Kemenangan Pedrosa tahun 2005 di kelas 250cc adalah satu-satunya podium buat dia di Phillip Island untuk semua kelas.

*Balapan pertama Pedrosa di Phillip Island untuk kelas MotoGP dijalani pada tahun 2006. Saat itu dia finis di posisi 15 dalam balapan yang berjalan kering dan kemudian basah.

*Pada tahun 2007, dia berhasil menajamkan posisi dengan finis di posisi empat setelah meraih pole. Tahun lalu dia dia crash di awal-awal balapan.


Casey Stoner

*MotoGP Australia adalah balapan kandang untuk Stoner yang lahir di 'Negeri Kanguru' 23 tahun silam.

*Dalam dua tahun terakhir, sang juara dunia 2007 sudah memenangi balapan di Phillip Island dengan dominan. Dia meraih pole tahun 2008 dan langsung menyodok ke posisi terdepan di awal balapan satu tahun sebelumnya.


Andrea Dovizioso

*Dovizioso memenangi balapan di Phillip Island pada tahun 2004 untuk kelas 125cc. Namun, dia hanya berselisih tipis dari rivalnya saat itu, Jorge Lorenzo dan Casey Stoner.

*Kali terakhir Dovizioso naik podium di Phillip Island adalah pada tahun 2007. Saat itu dia masih membalap di kelas 250cc.

*Dalam balapan tahun 2008 lalu, Dovizioso ke luar lintasan di lap pertama dan melorot ke posisi 10. Sempat merangsek ke depan untuk berusaha menempati tempat ke-4, pada akhirnya dia hanya bisa finis di posisi tujuh.


( krs / arp ) Kris Fathoni W - detiksport

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog