Senin, 12 Oktober 2009

Lippi Puas, tapi Italia Harus Berbenah


FLORENCE, KOMPAS.com - Pelatih Italia Marcello Lippi cukup puas melihat performa timnya setelah lolos ke putaran final Piala Dunia 2010. Namun, ia menekankan bahwa timnya masih punya banyak pekerjaan rumah untuk mempertahankan gelar.

"Gli Azzuri" baru saja memastikan satu tempat di Afrika Selatan setelah berupaya keras menahan Republik Irlandia, Sabtu (10/10). Sebelumnya, juara bertahan dunia itu belum tampil optimal dan menemui banyak kendala dalam babak kualifikasi.

"Jika kami ingin menang Piala Dunia lagi, kami harus menaikkan tempo sekarang," kata Lippi setibanya di markas latihan di Coverciano.

"Italia, seperti negara besar lainnya, tidak pernah ke turnamen ini hanya sekadar ambil bagian. Kami ingin mempertahankan gelar dan itu artinya bermain lebih baik dari yang kami lakukan sejauh ini," tambahnya.

Lippi yang memimpin Italia menaklukkan Perancis di final Piala Dunia 2006 juga membuka kemungkinan untuk merombak susunan pemainnya di putaran final, Juni nanti. Selama ini Lippi dikenal ngotot menggunakan pemain-pemain yang ia bawa ke Jerman tiga tahun silam. Pemain tersebut sebagian besar sudah mulai meninggalkan usia 30 tahun dan banyak kritik atas keputusannya tersebut.

"Secara keseluruhan saya yakin skuad ini memiliki semua kemampuan yang dibutuhkan, tapi bukan berarti tidak akan ada orang baru," kata pelatih yang sampai saat ini masih belum mau memasukkan Antonio Cassano dalam skuadnya.

Pemain berdarah Brasil, Amauri, dan striker Sampdoria, Giampaolo Pazzini kemungkinan akan menjadi alternatif di lini depan pada masa mendatang. Amauri kini tinggal menunggu proses kewarganegaraan Italia. (FBI)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog