Kamis, 08 Oktober 2009

RI Jadi Tamu Khusus Pameran Cokelat Terbesar di Dunia


Pameran cokelat di Perugia, ibukota Propinsi Umbria, Italia, ini adalah salah satu terbesar di dunia. Jumlah pengunjung mencapai 1 juta orang, menghabiskan 190 ton cokelat.

Indonesia akan menjadi tamu khusus untuk pameran yang akan berlangsung pada 16–25/10/2009, dengan menampilkan segala sesuatu terkait dengan cokelat, mulai dari hulu sampai ke hilir, termasuk juga keindahan seni dan budaya Indonesia.

"Sampai saat ini sudah terdaftar 26 delegasi dari Indonesia yang akan berpartisipasi dan menghadiri pameran," Atase Pertanian KBRI Roma Dr. Erizal Sodikin kepada detikfinance siang ini, Rabu (7/10/2009), Waktu Eropa Tengah.

Delegasi Indonesia terdiri dari wakil dunia usaha kakao dan cokelat swasta maupun BUMN, unsur pemerintah pusat dan daerah, Lembaga Penelitian, BKPM, dan partisipan lainnya.

Mengawali partisipasi Indonesia itu, panitia Eurochocolate akan mengadakan konferensi pers dengan narasumber dari pemerintah Italia, pihak sponsor, organisasi kakao dunia dan Indonesia yang akan diwakili oleh Wakil Duta Besar RI Roma Yuwono A. Putranto (9/10/2009).

Selama pameran Indonesia akan menampilkan produk kakao dan menjual produk cokelat, dikombinasi dengan seni tari, pertemuan bisnis, menyajikan makanan khas Indonesia berbasis coklat pada acara Gala Dinner, menjadi pembicara dalam seminar, dan mengadakan kunjungan ke beberapa perusahaan coklat di Italia.

Jumlah pengunjung Eurochocolate tahun ini diharapkan sekurangnya sama atau melebihi tahun lalu, dengan partisipan tercatat ada 150 perusahaan dari berbagai perusahaan cokelat terkenal di dunia.

Selain itu 5 negara di luar Eropa yaitu, Ghana, Pantai Gading, Meksiko, Brazil, Ekuador juga akan berpartisipasi dalam Eurochocolate 2009 ini.

(es/es) Eddi Santosa - detikFinance

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog