Selasa, 13 Oktober 2009

SBY: FPD Tidak Boleh Abstain


Mengusai mayoritas kursi di parlemen memberikan peluang besar bagi FPD untuk menjalankan misi menyukseskan program kerja pemerintah. Karenanya setiap anggota FPD harus bersikap tegas dalam berbagai pengambilan keputusan.

Demikian tandas SBY selaku Ketua Dewan Pembina PD dalam pembekalan kepada anggota FPD. Acara berlangsung Senin (12/10/2009) malang, di Cikeas, Kabupaten Bogor.

"Tidak boleh abstain. Tidak boleh setengah-setengah," kata SBY.

Namun bentuk menyukseskan bukan berarti memberi dukungan secara membabi-buta terhadap usulan dari pemerintah. Namun juga melakukan pengawasan dan memberi masukan produktif bagi program bersangkutan.

"Agar pemerintahan tidak gagal, maka saudara harus kritisi pemerintah dan menteri-menteri. Awasi bagaimana program, kebijakan dan anggaran dilaksanakan. Ketika menyusun UU yang berasal dari RUU, pastikan UU itu terkait dengan baik dengan peraturan lain," imbuh SBY.

Sikap lain yang juga SBY tekankan kepada anggota FPD adalah tangguh dan berani menghadapi masalah. Ketika ada isu merendahkan kehormatan PD, dilarang keras anggota FPD malah berkecil hati apalagi melemparkan masalah kepada teman yang lain.

"Hadapi langsung. Jangan 'tidak ah masih ada yang lain', kalau semua begitu ya nol nanti hasilnya," tekan SBY.

Sedangkan untuk kemampuan teknis, SBY menekankan agar setiap anggota FPD memahami benar tata tertib di parlemen. Termasuk tata aturan dan kewenangan setiap lembaga negara berikut jalur hubungan antar lembaga.

"Jangan nanti sudah keras-kerasan, ternyata salah," wantinya.


(lh/rdf) Luhur Hertanto - detikNews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog