Rabu, 14 Oktober 2009

SBY: Parpol Ajukan Nama 3 Kali Jatah Menteri


Sejumlah nama calon menteri segera dihubungi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dari mana asal nama-nama tersebut? Sumber utamanya tentu saja dari parpol-parpol yang berkoalisi mendukung SBY dalam Pemilihan Presiden 2009 lalu.

"Sumber menteri yang pertama tentu yang diusulkan parpol yang berkoalisi," kata SBY dalam jumpa pers di kediamannya, Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/10/2009).

SBY mengatakan, parpol-parpol tersebut mengajukan sejumlah nama yang akan dicalonkan sebagai menteri. SBY mencontohkan, bila parpol tersebut mendapat jatah 2 kursi menteri, maka parpol akan mengajukan 6 nama.

"Dari 6 nama itu tentu ada peringkat siapa yang diunggulkan dan dikehendaki oleh parpol tersebut," kata SBY.

Namun, kata SBY, parpol tidak bisa mengharuskan nama yang diunggulkan tersebut akan dipilih SBY. "Saya juga mendengarkan dari 6 itu siapa yang diunggulkan, meski bila saya bisa tidak setuju
saya bisa bilang kok saya sreg dengan yang ini, karena prerogatif saya," kata SBY.

Selain dari usulan parpol koalisi, SBY juga memiliki pilihan nama menteri sendiri. "Di luar parpol, saya mencari, memilih, dan menetapkan sendiri," kata SBY.

Nama-nama calon menteri akan dihubungi oleh SBY. Jika nama yang bersangkutan bersedia menandatangi pakta integritas, SBY akan menyeleksi mereka dengan tes wawancara, tes kesehatan, dan psikotes.

(ken/nwk) Anwar Khumaini - detikNews


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog