Senin, 05 Oktober 2009

Update Keamanan Penting untuk BlackBerry


Bagi yang belum mendapatkan update, disarankan waspada saat mengklik situs mencurigakan.
Demi meningkatkan proteksi keamanan pada perangkat BlackBerry pelanggannya, Research In Motion (RIM) meluncurkan update terbaru untuk menutup celah keamanan khusus dari ancaman phising melalui situs Web.

Seperti diketahui, situs phising bertujuan untuk memancing korban agar memberikan data-data yang terdapat pada halaman Web, termasuk password dan alamat-alamat email dalam daftar daftar kontak. Selanjutnya, data-data itu disalahgunakan sebagai upaya mencari keuntungan para pelakunya (phisers).

RIM mengatakan bahwa patch terbaru ini, yang merupakan bagian bagian dari penanganan isu keamanan pada BlackBerry, bertujuan untuk meminimalisasi besarnya potensi para pengguna aplikasi browsing dari upaya eksploitasi.

Update terbaru tersebut diperuntukkan bagi perangkat BlackBerry yang memiliki BlackBerry Device Software versi 4.5 ke atas, termasuk 4.5, 4.6, dan versi 4.7.

"Seluruh pengguna BlackBerry dengan Device Software versi-versi tersebut diimbau untuk mengupdate software mereka, meskipun celah keamanan ini tak berpengaruh pada BlackBerry server ataupun paket software Desktop," tulis RIM pada blog resminya, yang dikutip VIVAnews dari V3, 5 Oktober 2009.

Tambalan diluncurkan segera setelah ditemukan celah keamanan pada sebuah browser yang menampilkan laporan ketidaksesuaian sertifikat keamanan browser milik pengguna. Kemudian, akan muncul peringatan melalui dialog box pada browser pengguna. Berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari sejumlah pengguna, kotak dialog tersebut tidak menampilkan pilihan pembatalan (cancel). Sehingga, hal ini sangat berpotensi bagi pengguna untuk mengikuti langkah-langkah berikutnya.

"Umumnya, para pengguna tidak mengerti bahwa peringatan itu tidak dikeluarkan secara resmi dari RIM. Sehingga mereka dengan mudah terkelabui untuk masuk ke dalam situs phising dan memberikan data-datanya," papar RIM dalam keterangan tersebut.

Untuk itu, RIM menyarankan agar pengguna BlackBerry segera menginstalasi patch keamanan terbaru demi keamanan perangkat mereka. Bagi yang belum mendapatkan update-nya, sementara ini disarankan agar tidak sembarangan menerima atau meng-accept sertifikat keamanan serta menghindari klik pada link-link web yang mencurigakan. • VIVAnews 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog