Senin, 19 Oktober 2009

FILM: 'CLOUDY WITH A CHANCE OF MEATBALLS', Saat Makanan Turun Dari Langit


Kota kecil, Swallow Falls, sebenarnya tak jauh beda dengan kota-kota lain, kecuali cuaca di kota ini yang sedikit menarik. Yang menarik adalah bahwa cuaca di kota ini berubah tiga kali dalam sehari. Hujan dan badai bukanlah hal yang aneh di kota kecil yang satu ini. Tapi hujan dan badai di kota ini tidaklah sama dengan hujan dan badai di kota lain.

Setiap jam makan, makanan berjatuhan dari langit. Hujan berwujud sup atau jus sementara badai selalu menerbangkan hamburger ke mana-mana. Jelas saja tak ada warga kota Swallow Falls yang kelaparan. Mereka bahkan tak perlu lagi susah-susah memasak makanan karena setiap waktu makan tiba, yang perlu mereka lakukan hanyalah menadah makanan yang berjatuhan dari langit.

Semua itu berawal dari Flint Lockwood (Bill Hader), seorang ilmuwan setempat yang berhasil mengubah air menjadi makanan. Terlena dengan kenikmatan yang ada, mereka tak sadar akan potensi bahaya yang mungkin saja terjadi. Warga meminta Flint membuat makanan yang berjatuhan berukuran lebih besar dan ternyata permintaan itu malah membuat berkah yang datang menjadi bencana. Kini warga harus mulai berpikir karena kalau mereka tak segera menghentikannya, maka kota Swallow Falls tak akan lagi ada.

Walaupun sebenarnya film animasi ini adalah hasil adaptasi dari sebuah buku cerita anak yang ditulis oleh Judi Barrett dan Ron Barrett pada tahun 1978, tetap saja ide cerita menarik ini terasa segar di tengah kemonotonan ide pada film-film animasi. Belakangan ini tak banyak film animasi yang mampu menawarkan sebuah ide segar dan bukan sekedar tontonan secara visual saja. Beberapa yang cukup menarik adalah UP buatan Pixar dan CLOUDY WITH A CHANCE OF MEATBALLS ini.

Mengingat ini adalah film adaptasi, dua sutradara Phil Lord dan Christopher Miller layak diacungi jempol karena mampu membuat interpretasi berdasar kreativitas mereka sendiri tanpa harus melenceng jauh dari sumber aslinya yang memang adalah sebuah konsep yang menarik. Dan soal animasi, Sony Pictures Animation juga layak mendapat tepuk tangan karena mampu mengadaptasi gambar mati dalam versi aslinya menjadi sebuah format animasi yang menarik.

Semua itu tentu saja tak akan ada artinya jika para pengisi suara tak mampu meniupkan roh ke dalam animasi ini. Dan untuk urusan itu, Bill Hader, Anna Faris, Neil Patrick Harris, James Caan hingga Mr. T sepertinya bekerja keras untuk benar-benar bisa menghayati karakter yang mereka isi. Bisa jadi CLOUDY WITH A CHANCE OF MEATBALLS ini adalah film animasi terbaik tahun ini. (kpl/roc)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog