Senin, 12 Oktober 2009

Gen Penyebab Kanker Payudara Terungkap


Ilmuwan telah menemukan gen yang berhubungan dengan kanker payudara. Penemuan ini dinilai sebagai penemuan paling penting dalam 30 tahun terakhir.

Penemu gen, Paul Edwards dari University of Cambridge, Inggris menjelaskan setiap manusia memiliki gen bernama NRG1 sejak ia lahir. Namun, pada sebagian orang, gen ini kemudian rusak. Kerusakan gen ini yang kemudian berkembang menjadi kanker.

Pakar dari Departemen Patologi itu menjelaskan kerusakan NRG1 ditemukan di separuh penderita kanker payudara. Kerusakan ini juga memicu munculnya jenis kanker lain seperti prostat, kantung kemih, dan ovarium.

Gen ini berfungsi sebagai rem untuk menahan pertumbuhan sel kanker. Tapi, saat sel ini rusak, tak ada lagi penahan dan sel pun berkembang biak.

Peneliti belum menemukan apa yang menyebabkan sel ini mengalami kerusakan. Meski demikian, penemuan ini diharapkan dapat membantu pemilihan terapi yang tepat bagi pasien.

Penemuan NRG1 pun dinilai sebagai penemuan paling siknifikan setelah penemuan gen kanker, p53, pada tahun 1970an. • VIVAnews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog