Selasa, 13 Oktober 2009

Inilah Kontes Kecantikan Tak Alami


BUDAPEST, KOMPAS.com — Inilah kontes kecantikan yang penuh dengan kecantikan tidak alami. Pesertanya adalah para perempuan dengan payudara implan, hidung dimancungkan, dan wajah dipermak. Namanya saja Miss Plastic 2009, yang memang digelar untuk mempromosikan operasi plastik.

Dokter bedah plastik, Tamas Rozsos, seperti dikutip Associated Press mengatakan, kontes kecantikan itu juga dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa operasi kosmetik tidak melulu soal payudara yang berukuran besar, bibir yang penuh, dan kulit kencang yang nyaris robek.

”Ini soal memperbaiki harmoni, menghilangkan ketidaksimetrisan, dan memberi perempuan kesempatan untuk memiliki paras normal,” kata Rozsos.

Operasi plastik di Hongaria memiliki reputasi buruk, tetapi, menurut Rozsos, itu akibat terlalu dibesar-besarkan. Meskipun Hongaria terpukul akibat krisis perekonomian global, Rozsos mengatakan, jumlah operasi plastik naik dari tahun ke tahun.

”Orang yang tahu pentingnya (operasi plastik) ini selalu bisa mendapatkan uangnya,” ujar Rozsos.

Untuk menjadi peserta Miss Plastic ini, 18 perempuan Hongaria itu harus membuktikan dirinya dioperasi penuh. Suntikan botox atau kolagen tidak dihitung. Hampir semua kontestan menampilkan payudara yang telah dibesarkan, begitu juga hidung yang telah dimancungkan.

”Saya kira kompetisi ini berjangka panjang. Orang Hongaria dulu menertawakan operasi plastik, tetapi sekarang saatnya bagi perempuan Hongaria untuk lebih peduli pada penampilan mereka. Mereka yang tercantik di Eropa,” kata Marton Spizal, fotografer yang menjadi juri kontes itu. Hmmm.... Tertarik?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog