Senin, 12 Oktober 2009

Makan Gorengan Dengan Sedikit Lemak, Mungkinkah?


Peneliti menemukan cara baru untuk menekan lemak yang banyak terdapat pada kentang goreng atau makanan berlemak lainnya. Pecinta makanan gorengan pun bisa menikmati makanan tersebut tanpa rasa khawatir akan kolesterol. Apa rahasianya?

Seperti dikutip dari Los Angeles Time, Senin (12/10/2009), inovasi terbaru yang dikembangkan para peneliti dari US Department of Agriculture's Agricultural Research Service adalah adonan tepung khusus yang digunakan sebagai balutan untuk makanan yang siap digoreng.

Adonan tepung khusus tersebut dibuat dari beras yang diketahui bisa mengurangi penyerapan minyak hingga 50 persen daripada adonan menggunakan tepung biasa. Peneliti mengatakan bahwa tepung yang berbasis beras tersebut memiliki ketahanan minyak yang cukup tinggi dibanding tepung terigu atau gandum.

Tepung khusus itu merupakan salah satu produk inovasi dari program ARS' Quality and Utilization of Agricultural Products dan telah mendapatkan sertifikasi dari Gluten-Free Certification Organization (GFCO) dan Kosher Pareve, Chicago Rabbinical Council (cRc) Standards.

Selain bahan dasarnya yaitu tepung beras, dalam tepung itu juga terdapat kandungan garam, bumbu, bubuk bawang putih, dan bahan lainnya yang akan menambah citarasa makanan yang akan digoreng.

Selain dapat mengurangi penyerapan minyak, tepung khusus tersebut juga bisa mengurangi risiko alergi, terutama mereka yang alergi gandum. Adanya inovasi ini juga diharapkan mampu mengurangi ketergantungan industri terhadap gandum (tepung terigu) yang biasa digunakan sebagai bahan untuk membalut makanan yang akan digoreng.

Tepung beras khusus yang diciptakan peneliti tersebut diketahui telah mengalami modifikasi kimia maupun fisik yang mengakibatkan sifat fungsionalnya berubah dan bisa mengurangi penerapan minyak. Jadi, pecinta gorengan tak perlu khawatir lagi akan mengonsumsi minyak berlebih karena kadar kolesterolnya bisa ditekan. Nurul Ulfah - detikHealth

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog