Senin, 19 Oktober 2009

NEWS: Ini Caranya Agar Anak Berprestasi di Sekolah


VIVAnews - Prestasi anak di sekolah tidak sepenuhnya ditentukan oleh kemampuan akademisnya. Peran Anda sebagai orangtua juga sangat besar dalam menentukan prestasi anak.

Saat rapor anak di sekolah buruk jangan buru-buru menyalahkannya. Cari tahu dulu apa penyebabnya dengan menanyakannya pada anak. Jangan sekalipun mengatakan makian padanya karena prestasinya buruk. Hal itu hanya akan membuat rasa percaya dirinya turun dan berefek buruk pada perkembangan psikologisnya.

Jika memang Anda menganggap nilai anak buruk coba lihat kembali definisi nilai buruk tersebut bagi Anda. Jangan sampai Anda menganggap nilai buruk itu adalah nilai selain A atau 10. Mengharapkan anak mendapatkan nilai tinggi memang tidak salah tetapi cobalah mengerti kemampuan anak.

Prestasi anak menurun bisa dipicu oleh banyak hal. Salah satunya adalah sulitnya berkonsentrasi dikelas. Jika demikian Anda harus berbicara dengan gurunya disekolah. Memindahkan tempat duduknya menjadi paling depan adalah salah satu cara untuk menjaga konsentrasinya.

Lalu, jika nilai anak buruk pada pelajaran-pelajaran tertentu bisa jadi ia tidak menyukai pelajaran tersebut. Anda bisa memotivasinya dengan menemaninya belajar atau menjanjikan memberikan hadiah jika ia berhasil mendapatkan nilai cukup dalam pelajaran tersebut. Katakan semua pelajaran harus ia pelajari jika ingin naik kelas.

Bakat dan kemampuan anak berbeda-beda, bisa saja ia lemah dalam pelajaran eksakta tetapi nilainya tinggi di pelajaran sosial. Cobalah lihat kembali kemampuan anak Anda. Jangan terlalu memaksakan anak untuk mendapatkan nilai bagus pada semua mata pelajaran.
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog