Rabu, 14 Oktober 2009

Operasi Yustisi Digelar Serentak Mulai Besok

Untuk menjaring pendatang baru yang masuk Jakarta setelah Lebaran tahun ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta, akan menggelar Operasi Yustisi dan Kependudukan (OYK).
Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Franky Mangatas Pandjaitan mengungkapkan, Kegiatan OYK akan dilakukan serentak di lima wilayah, Kamis 15 Oktober 2009 besok, sejak pukul 08.00 WIB. Kegiatan ini akan dilakukan selama dua hari.
Mereka yang terjaring akan disidang pada esok harinya, Jumat 16 Oktober 2009, di pengadilan negeri setempat.
Kepala Bidang (Kabid) Penertiban Dinas Dukcapil DKI, Edison Sianturi, menegaskan, kegiatan OYK kali ini tidak hanya fokus kepada pendatang baru, akan tetapi juga orang yang telah lama menetap di Jakarta namun tidak pernah memiliki KTP DKI.
"Sasarannya rumah kos dan apartemen. Tempat tersebut ditengari jadi primadona untuk tempat tinggal para pendatang baru," ujar Franky, Rabu 14 Oktober 2009, seperti dikutip dari situs milik pemerintah.

Ia mensinyalir para pendatang baru ini lebih banyak bertempat tinggal di daerah yang dekat dengan kawasan industri dan tempat hiburan.
Misalnya di kawasan Pulogadung, Tanjungpriok, Tanahabang, Tamansari, dan beberapa daerah lainnya di Jakarta.

Berdasarkan data yang dimiliki Dinas Dukcapil, jumlah pendatang baru di DKI pasca Lebaran lalu menurun jika dibandingkan tahun sebelumnya. Diperkirakan ada 69 ribuan pendatang baru di Jakarta, sedangkan tahun lalu mencapai 88 ribuan.


• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog