Rabu, 14 Oktober 2009

Titik Terang Kontingen Indonesia

Satuan Tugas (Satgas) Pelatnas SEA Games sedikit bernapas lega. Mereka mulai mendapatkan titik terang mengenai permasalahan berapa besar jumlah atlet, dana keberangkatan, hingga kalkulasi peluang Merah Putih meraih medali.

Komandan Pelatnas SEA Games Djoko Pramono mengatakan, permasalahan satu persatu mulai teratasi. Jumlah atlet Indonesia misalnya, pihaknya sudah mendapatkan kepastian jika Merah Putih akan diperkuat sebanyak 329 atlet.

Pihaknya juga membeberkan jika Indonesia akan diperkuat 97 pelatih, yakni 62 pelatih dibiayai pemerintah dan sisanya sebanyak 35 orang dibiayai pengurus cabang olahraga (cabor). Sedangkan manajer terdiri dari 25 orang, jadi total Kontingen Indonesia sebanyak 483 orang.

"Kami sebenarnya akan memberangkatkan sebanyak 250 atlet berdasarkan kesepakatan dan dana yang kami miliki sebelumnya. Tapi, karena banyaknya keinginan dari pengurus cabor untuk mengeluarkan dana sendiri. Kami pun akhirnya memutuskan penambahan atlet," ujar Djoko kepada, Rabu (14/10/2009).

Meski demikian, pihaknya belum 100 persen mendapatkan nama atlet yang akan bertarung di Laos. Apalagi, beberapa cabor masih menjalani seleksi nasional (seleknas) untuk menentukan atlet terbaik mereka.

Djoko membenarkan jika cabor seperti karate, loncat indah, tinju masih menjalani try out. Dia berharap pengurus cabor akan memberikan daftar nama atletnya paling lambat, Kamis (22/10/2009).

Dia masih memberikan tenggat waktu tambahan itu meski Kontingen Indonesia akan diresmikan pada Senin (19/10/2009). "Sepertinya tak ada masalah asal jangan sampai lebih dari 22 Oktober, karena saya akan mengirimkan daftar atlet Indonesia terakhir pada 26 Oktober ini," cetusnya.

Pihaknya juga membahas mengenai peluang atlet Indonesia meraih medali, yakni menargetkan memperoleh 45-48 medali emas. Pernyataan itu tentunya lebih sedikit ketimbang pemberian target dari Program Atlet Andalan (PAL) yang mencanangkan meraih 54 emas, 38 perak, 3 perunggu di Laos.

"Jika ingin merebut medali emas 50-60, maka harus ada penambahan jumlah emas yang diperebutkan sebesar 30 persen. Padahal, medali emas hanya akan memperebutkan 398 keping," ungkapnya.
(Edi Yulianto/Koran SI/acf)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog