Selasa, 10 November 2009

BOLa: Penalti Gerrard Selamatkan Liverpool



LIVERPOOL, KOMPAS.com - Kapten Liverpool,  Steven Gerrard mencetak gol dari titik penalti yang membuat Liverpool bisa memaksakan hasil imbang 2-2 dengan Birmingham City dalam lanjutan Premier League, di Stadion Anfield, Senin (9/11).

Bermain di kandang sendiri, Liverpool mampu mendominasi permainan sejak menit awal. Mereka bahkan mampu unggul lebih dulu melalui David Ngog di menit ke-13. memanfaatkan umpan Albert Riera, Ngog berhasil melesakkan bola ke sudut kiri atas gawang Joe Hart.

Selanjutnya, Liverpool mampu mempertahankan dominasi dan terus menebar ancaman di mulut gawang Birmingham. Sayang, belum mampu menambah gol, Liverpool dikejutkan serangan mendadak Birmingham yang berujung gol penyama kedudukan yang dicetak Cristian Benitez di menit ke-26. Memanfaatkan umpan Scott Dann, Benitez melesakkan bola ke tengah atas gawang Pepe Reina.

Gol itu mendongkrak moral dan kepercayaan diri Birmingham. Hasilnya, selain mampu mengimbangi permainan Liverpool lini tengah, serangan mereka pun semakin berbahaya. 

Menjelang akhir babak pertama, Birmingham bahkan mampu berbalik unggul melalui Cameron Jerome. Setelah menguasai bola dari Scott Dann, Jerome melepaskan tendangan jarak jauh yang bersarang di tengah atas gawang Reina. 

Liverpool tak sempat bangkit karena gol itu langsung disusul oleh peluit turun minum.

Memasuki babak kedua, Liverpool tetap bermain dalam tempo tinggi dan mendominasi laga. Namun, mereka tetap kesulitan mengatasi pressing ketat Birmingham. Sekalipun mampu menembus barikade Birmingham dan melepaskan tembakan, Joe Hart siap menggagalkan usaha Liverpool.

Di tengah rasa frustrasi, Liverpool mendapat hadiah penalti menyusul pelanggaran Lee Carsley kepada David Ngog di menit ke-71. Steven Gerrard yang dipercaya melakukan berhasil menyamakan kedudukan setelah tembakannya ke sudut kanan bawah gawang gagal diantisipasi Hart.

Gol Gerrard membuat serangan Liverpool semakin menggebu. Namun, Birmingham yang tak mau pulang dengan tangan hampa membangun pertahanan lebih solid. Meski tak mampu menambah gol, mereka berhasil mengamankan gawang mereka dari serbuan Liverpool. Skor 2-2 pun bertahan hingga akhir laga.

Hasil itu sangat mengecewakan mengingat Liverpool mendominasi pertandingan dengan penguasan bola sebanyak 78 persen. Hal itu masih ditambah dengan catatan tujuh tembakan tepat ke gawang dari 35 percobaan. Bandingkan dengan Birmingham yang hanya memilikidua peluang emas dari lima kali percobaan.

Dengan hasil tersebut, Liverpool masih tertahan di posisi ketujuh dengan 19 poin atau kalah 11 angka dari Chelsea di puncak klasemen. Sementara itu, Birmingham sendiri juga tak bergerak dari peringkat ke-15 dengan 12 poin. 

Susunan pemain:
Liverpool: Reina; Agger, Skrtel, Insua, Johnson; Lucas (Aquilani 82), Mascherano, Riera, Benayoun (Babel 77); Kuyt, Ngog
Birmingham: Hart; Dann, Roger Johnson, Ridgewell, Carr; Tainio, Bowyer, McFadden (Vignal 67), Larsson; Jerome, Benitez (McSheffrey  86)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog